3 Cara Mudah Budidaya Bunga Sedap Malam dan Manfaatnya

By
Juli 7, 2020 2:43 am

Halo, sobat tani. Bunga sedap malam, ada yang tau? Mungkin sudah tidak asing lagi ya dengan jenis bunga satu ini. Bunga sedap malam kini sudah dikenal luas baik di Indonesia apalagi mancanegara. Nah, sinautani.com kali ini akan membahas mengenai bunga sedap malam. Bunga yang dikenal akan aromanya yang khas nan eksotis.

Mengenal Bunga Sedap Malam

Dilansir dari wikipedia, bunga sedap malam berasal dari Meksiko. Sedap malam, disematkan pada nama bunga ini karena ia mekar pada malam hari. Ia akan mekar secara bergantian dari bunga yang berada di bawah kemudian bunga atasnya, berurutan seterusnya. Bahkan di beberapa tempat lain, bunga ini dinamai “ratu malam” dan “sundal malam” karena keunikannya.

Bunga ini kemudian banyak dibudidayakan sebagai tanaman hias. Selain harum aromanya, bunga sedap malam mempunyai aneka warna bunga yang menarik untuk dipandang, seperti warnna merah, kuning, dan putih.

Tak jarang juga, bunga ini justru digunakan dalam acara keagamaan. Misal saja di Indonesia, bunga sedap malam dimanfaatkan untuk hiasan dekorasi upacara pernikahan. Di beberapa negara lain pun sama, seperti di India, bunga sedap malam juga menjadi komponen wajib dalam dekorasi acara pernikahan.  Di Hawai juga, pengantin perempuan dalam upacara perkawinan tradisional harus memakai rangkaian bunga sedap dalam selama prosesinya. Sebaliknya, justru pada masa Victoria, bunga malam menjadi simbol kematian dalam upacara pemakaman.

Bunga sedap malam, Gambar oleh Angelica Spínola Masy dari Pixabay

Daunnya pipih memanjang berukuran hingga 60 cm, berwarna hijau pada permukaan atasnya, tampak mengkilat, sedangkan permukaan bawahnya berwarna hijau muda. Pada pangkalnya, terdapat bintik-bintik kemerahan. Bentuk tangkainya memanjang dan beruas-ruas di ujung tanaman. Setiap ruasnya tumbuh bunga kecil yang menempel 5-12 kuntum di setiap tangkai.

Mahkota bunganya berwarna putih dan pada bagian ujungnya berwarna kemerah-merahan. Tergolong dalam tanaman berbatang semu, pada batangnya terdapat beberapa umbi induk sebagai tempat menyimpan makanan.

Cara Menanam Bunga Sedap Malam

Menanam bunga sedap malam mudah ngga sih? Justru bunga sedap malam termasuk jenis tanaman yang mudah tumbuh dimana saja. Dataran rendah dengan pH tanah antara 5-5,7 merupakan tempat yang ideal untuk tanaman ini tumbuh optimal. Sedangkan di dataran tinggi, bunga sedap malam tetap dapat tumbuh walaupun pertumbuhannya tidak sebaik di dataran rendah. Bagaimana cara menanamnya? Berikut inilah caranya:

  1. Pembibitan

Menanam bunga sedap malam dapat dilakukan dengan menanam umbinya. Umbi yang baik untuk pembibitan yang usianya sudah cukup tua sekitar 1,5 tahun dengan besar antara 1-2 cm. Kemudian bibit tersebut disimpan selama satu bulan penuh, supaya bibit mudah bertunas sehingga cepat tumbuh.

Selanjutnya, persiapkan media tanam untuk hasil yang optimal. Perbandingan campuran untuk media tanam 1:1:1 yang terdiri dari tanah, arang sekam, dan pupuk kompos. Media tanam tersebut dimasukkan ke dalam pot atau polybag yang mempunyai lubang drainase agar saat penyiraman air tidak menggenang.

Bunga sedap malam, gambar oleh Suvajit Roy dari Pixabay
  1. Penanaman

Sediakan lubang tanam sedalam 5 cm pada lahan tanam. Jika hendak ditanam dalam pot, pakailah polybag atau pot berukuran cukup besar supaya tanaman leluasa untuk berkembang. Bila menggunakan media pot atau polybag usahakan gunakan ukuran yang cukup besar agar tanaman mendapatkan ruang yang cukup untuk berkembang. Setelah ditanam, sirami bibit secara teratur agar tunas cepat tumbuh. Usahakan lahan tanam terjaga kelembapannya, tidak terlalu kering maupun basah.

  1. Perawatan

Demi hasil yang maksimal tentu perawatan menjadi hal yang wajib dilakukan. Mulai dari menyirami hingga memberi pupuk. Tanaman bunga sedap malam sendiri membutuhkan air yang cukup untuk pertumbuhan. Maka, tanaman ini mesti disirami secara rutin setiap pagi dan sore hari sampai tunas tumbuh. Bila tanaman sudah besar, penyiraman dilakukan sekali saja, pada pagi atau sore hari. Jika musim hujan, penyiraman tidak perlu dilakukan.

Memasuki usia 6 bulan, maka berika pupuk tambahan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tanaman. Pemupukan bisa dengan pupuk kandang atau pupuk kompos. Dahulukan menggunakan pupuk ini. Tetapi bila tidak ada, dapat menggunakan pupuk buatan TSP atau urea 1:1.

Bunga sedap malam, gambar oleh Suvajit Roy dari Pixabay

Terakhir, yang tidak kalah penting, tanaman bunga sedap malah sangat membutuhkan paparan sinar matahari yang cukup. Hal itu akan mempercepat tanaman bunga sedap malam berbunga. Sebab, membantu proses pengolahan makanan tanaman.

Kegunaan Bunga Sedap Malam

Ternyata simple ya menanam bunga sedap malam. Akan lebih mudah bila sobat tani mempraktikkan dengan menanamnya. Nah, setelah sobat tani mengetahui cara menanam bunga sedap malam, sobat tani juga harus tau apa saja sih manfaatnya? Berikut ini, sinautani.com sajikan untuk tambahan informasi bagi sobat tani.

  1. Bunga Potong

Bentuknya yang indah dan warnanya yang menarik, membuat bunga sedap malam menjadi tanaman hias untuk menghiasi atau mendekorasi ruangan. Bunga ini kemudian banyak dimanfaatkan sebagai bunga potong di berbagai tempat, termasuk di luar Indonesia

Bunga sedap malam, gambar dari Sajian Sedap

.

  1. Obat-obatan

Bunga sedap malam juga dapat dijadikan obat untuk beberapa penyakit. Dalam tulisannya, organicfacts.net menjelaskan bahwa bunga sedap malam dapat berkhasiat untuk menyembuhkan batuk dan diare karena memiliki kandungan kimiawi yang meredakan (sedative). Selain itu, bunga sedap malam dapat mengobati mual. Dengan mencampurkannya bersama jahe, kemudian direbus. Air hasil rebusan diminum hingga rasa mual hilang. Dapat dikonsumsi untuk setiap hari.

  1. Parfum

Aromanya yang khas, bunga sedap malam dapat diolah menjadi parfum. Di Maroko, India, Komoro, dan Tiongkok banyak berdiri industri parfum olahan bunga sedap malam.  Bunga sedap malam setiap jenisnya memiliki aroma yang beragam. Tetapi, ada juga jenis bunga sedap malam yang mengeluarkan aroma yang tidak sedap seperti bunga bangkai. Adapun di Indonesia, bunga sedap malam dimanfaatkan sebagai parfum pengharum pakaian maupun ruangan serta pewangi deodoran.

  1. Bumbu Dapur

Bunga sedap malam juga menjadi campuran bumbu dapur, terutama pada masakan sup. Selain memberi aroma yang harum pada masakan, bunga ini juga menambahkan citarasa tersendiri.

Manfaat Bunga Sedap Malam

Selain keempat hal diatas, aroma bunga sedap malam juga memiliki manfaat tersendiri lho:

  1. Penenang

Aroma sedap malam diyakini dapat memperbaiki mood dan mengurangi stress. Dengan menghirup aroma bunga ini akan membuat pikiran menjadi rileks. Oleh sebab itu, aroma bunga sedap malam termasuk dalam aromatheraphy. Oleh karena itu, bunga sedap malam juga dapat menyembuhkan seseorang yang mengalami insomnia.

Bunga sedap malam, gambar dari sukita.id
  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sebagai aromatheraphy, aroma bunga sedap malam membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh sehingga pikiran terasa rileks ketika menghirup aromanya. Oleh sebab itu, bunga sedap malam juga menjadi obat bagi penderita anemia agar sirkulasi darahnya lancar. Bahkan, diyakini, aroma bunga sedap malam dapat mengobati rematik dan sakit sendi secara alami.

  1. Meningkatkan Gairah

Salah satu alasan mengapa bunga sedap malam menjadi komponen wajib dalam pernikahan karena aroma bunga sedap malam dapat meningkatkan gairah. Sehingga dapat memberi kesan indah dan menyenangkan. Hal itu karena roma bunga seda malam menstimulasi hormon adrenalin, bahkan dapat memicu gairah seksualitas juga.

Selain itu, bunga sedap malam dapat menambah tenaga dan stamina juga dengan mengkonsumsinya sebagai makanan. Ditumis bersama kacang kapri, udang, telur ayam, jahe, dan bawang putih.

Penutup

Demikianlah tulisan mengenai bunga sedap malam. Mulai dari cara menanamnya hingga manfaatnya yang kaya. Silahkan sobat tani mulai menanamnya dan menikmati manfaatnya. Semoga bermanfaat.



Baca juga :

This post was last modified on Juli 7, 2020 2:43 am

husentani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*