cara membuat molase

Cara Membuat Molase / Tetes Tebu

Halo Sobat Tani, kali ini kita akan membahas molase / tetes tebu. Kita akan ulas bagaimana cara membuat molase selengkapnya. selamat membaca.

Pengertian dan Karakteristik Molase / Tetes Tebu

Sebenarnya Molase (bahasa Inggris: molasses) adalah produk sampingan (by product) dari industri pabrik pengolahan gula tebu atau gula yang masih mengandung gula dan asam-asam organik.

Molase di Indonesia dikenal dengan nama tetes tebu. Molase mempunyai kandungan sukrosa yang  cukup tinggi, sekitar 48-55% sehingga dapat digunakan sebagai sumber yang baik untuk pembuatan etanol. Pada umumnya, molase juga digunakan untuk ruang lingkup peternakan dan juga pertanian seperti untuk penyusunan ransum penggemukan sapi.

wujud penampakan molase
wujud penampakan molase

Penampakan fisik dari Molase yaitu berbentuk cairan kental berwarna cokelat. Molase dapat digunakan sebagai bahan baku produksi etanol, alkohol, pembentuk asam sitrat, MSG, dan gasohol.

Proses Terciptanya Molase sebagai By product dari Pabrik Gula

Proses terciptanya molase sebagai berikut :

Molase diperoleh dari hasil pemisahan dengan kristal gula pada pengolahan gula tebu. Tebu digiling untuk diekstrak nira-nya. jus nira mentah ini yang akan diproses lagi.

Setelah itu nira mentah akan memasuki proses pemurnian untuk mendapatkan nira jernih dengan cara mengendapkan nira kotor. Selanjutnya nira jernih memasuki proses penguapan yang bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi sampai dengan tingkat jenuhnya.

Sampai tahap ini nira kental hasil dari proses penguapan akan melalui proses pembentukan kristal gula melalui pemasakan, setelah kristal terbentuk dan melalui tahap pendinginan dilakukan pemisahan menggunakan alat pemusing dan penyaring sehingga didapatkan gula mentah dan tetes tebu.

pabrik gula tebu penghasil molase

Cara Membuat Molase Sendiri

Namun, jika anda tidak bisa membuat molase di pabrik maka anda tidak perlu khawatir, karena anda juga bisa membuat tetes tebu di tempat anda. Berikut ini cara untuk membuat molase atau tetes tebu sendiri :

Bahan-Bahan Pembuatan Molase

  • Gula Putih atau bisa juga dengan Gula Merah sebanyak 500gr
  • Air bersih 500ml

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Adukan Kayu
  • Panci untuk memanaskan air
  • Kompor

Langkah Pembuatan Molase

  • Tahap pertama yang harus anda lakukan yaitu memanaskan air 500ml terlebih dahulu sampai benar-benar mendidih.
  • Kemudian, masukkan 500gr gula putih ataupun gula merah ke dalam air yang mendidih.
  • Lalu, aduk sampai benar-benar tercampur atau larut secara merata.
  • Setelah itu matikan kompor dan dinginkan.

Jadi cara membuat molase / tetes tebu ini tidak susah kan. Bahan yang dipakai juga sangat gampang dicari. Sedangkan peralatannya pasti tersedia di dapur rumah anda.

Namun, perhatikan juga takaran dalam gula dan airnya dalam pembuatan tetes tebu ini supaya tetes tebu yang dihasilkan menjadi benar-benar kental.

Sebenarnya ada 2 jenis molase yaitu molase gula tebu dan juga molase gula bit. Namun, yang paling banyak digunakan dalam industry gula adalah molase gula tebu. Silakan anda coba membuat molase sendiri di rumah…

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Tinggalkan komentar