10 Komoditas Pertanian dan Perkebunan Andalan Ekspor Indonesia

10 Komoditas Pertanian dan Perkebunan Andalan Ekspor Indonesia

Halo gaes, kali ini sinautani akan membagikan artikel tentang 10 Komoditas Ekspor Pertanian dan Perkebunan Indonesia. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Indonesia sebagai negara agraris tentu memiliki beberapa komoditas unggulan yang biasa di ekspor ke luar negeri. Pertanian di Indonesia merupakan salah satu sektor kunci perekonomian. Menteri Pertanian Periode 2014-2019, Andi Amran Sulaiman menyebutkan bahwa ada sepuluh komoditas pertanian dan perkebunan andalan ekspor. Bahkan, hasil ekspornya menyumbang hampir separuh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Daftar Komoditas Pertanian Andalan Ekspor

Apa saja sepuluh komoditas andalan ekspor itu? simak daftar berikut ini.

1. Sawit

komoditas perkebunan kelapa sawit

Sawit sudah lama menjadi komoditas primadona. Sawit yang merupakan bahan dari produksi sabun dan minyak goreng ini tersebar di Sumatra dan Kalimantan.

Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) mencatat ekspor minyak kelapa sawit dan turunannya (termasuk CPO, biodiesel dan oleochemical) pada Januari-Juli 2019 tumbuh 6,7% secara tahunan.

Gapki mencatat sepanjang tujuh bulan pertama 2019, ekspor minyak sawit Indonesia naik menjadi 19,76 juta ton dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama 2018 sebesar 18,52 juta ton.

2. Karet

komoditas ekspor karet indonesia

Karet, dikenal karena kualitas elastisnya, adalah sebuah komoditas perkebunan yang digunakan di banyak produk dan peralatan di seluruh dunia (mulai dari produk-produk industri sampai rumah tangga). Karet digunakan sebagai bahan baku industri ban kendaraan.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating / 5. Vote count:

No votes so far! Be the first to rate this post.

Tinggalkan komentar