pengertian hortikultura

Pengertian Hortikultura dan Jenisnya.

Salo sobat tani! kali ini kita akan mengulas mengenai pengertian hortikultura dan jenisnya. Yuk simak penjelasan sinautani berikut ini ya.

Pernah mendengar istilah hortikultura namun tidak tau artinya? nah tepat sekali kamu membuka artikel ini. disini kita akan belajar apa itu hortikultura beserta jenisnya.

Berikut Definisi hortikultura menurut Wikipedia

Hortikultura (horticulture) berasal dari bahasa Latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya), dan dapat diartikan sebagai budidaya tanaman kebun.

Kemudian hortikultura digunakan secara lebih luas bukan hanya untuk budidaya di kebun. Istilah hortikultura digunakan pada jenis tanaman yang dibudidayakan.

Bidang kerja hortikultura meliputi pembenihan, pembibitan, kultur jaringan, produksi tanaman, hama dan penyakit, panen, pengemasan dan distribusi. Hortikultura merupakan salah satu metode budidaya pertanian modern.

Wikipedia.org

Jadi hortikultura bisa diartikan sebagai budidaya tanaman yang dilakukan di kebun atau pekarangan. Jadi boleh juga ditanam di lahan-lahan sempit.

Hortikultura merupakan cabang dari agronomi. Berbeda dengan agronomi, hortikultura memfokuskan pada budidaya tanaman buah (pomologi/frutikultur), tanaman bunga (florikultura), tanaman sayuran (olerikultura), tanaman obat-obatan (biofarmaka), dan taman (lansekap). Salah satu ciri khas produk hortikultura adalah perisabel atau mudah rusak karena segar.

Orang yang menekuni bidang hortikultura dengan profesional disebut sebagai hortikulturis.

5 Jenis Tanaman Hortikultura

Bagaimana penjelasannya? simak uraian berikut ini.

1. Olerikultura (Sayuran)

Olerikultura
Olerikultura

Tanaman Sayuran adalah tanaman pokok yang dikonsumsi sebagai pendamping atau pengiring makanan pokok bersama dengan lauk. Tanaman Sayuran ini adalah succulent plant atau tanaman lunak yang separuh atau semua bagian-bagiannya bisa dikonsumsi dalam bentuk segar atau pun diolah terlebih dahulu dengan cara dimasak.

contoh sayur : bayam, kangkung, sawi, dan kobis.

2. florikultura (Hias)

florikultura
florikultura

Tanaman hias mencakup semua tumbuhan, baik berbentuk terna, merambat, semak, perdu, ataupun pohon, yang sengaja ditanam orang sebagai komponen taman, kebun rumah, penghias ruangan, upacara, komponen riasan/busana, atau sebagai komponen karangan bunga. Bunga potong pun dapat dimasukkan sebagai tanaman hias.

contoh tanaman hias : anggrek, lili, mawar, anyelir, krisan, sedap malam, dan dracaena.

3. Frutikultura (Buah-Buahan)

Frutikultura
Frutikultura

Tanaman buah merupakan jenis tanaman yang menghasilkan buah dan biasanya untuk menanamnya memerlukan beberapa syarat tertentu. Tanaman buah juga mempunyai masa berbuah, ada yang berbuah musiman, tapi ada juga jenis buah yang berbuah tahunan.

contoh tanaman buah : mangga, jeruk, apel, dan pepaya.

4. Biofarmaka (obat-obatan)

Biofarmaka

Pengertian Tanaman obat adalah Jenis-jenis tanaman yang memiliki fungsi dan berkhasiat sebagai obat dan dipergunakan untuk penyembuhan ataupun maupun mencegah berbagai penyakit, berkhasiat obat sendiri mempunyai arti mengandung zat aktif yang bisa mengobati penyakit tertentu atau jika tidak memiliki kandungan zat aktif tertentu tapi memiliki kandungan efek resultan / sinergi dari berbagai zat yang mempunyai efek mengobati.

Contoh tanaman obat : Jahe, temulawak, brotowali dan purwoceng.

5. Taman (Lansekap)

taman
taman

Taman atau lanskap merupakan tanaman yang ditanam pada lahan secara yang menghasilkan nilai keindahan dan tempat penyegaran. Beberapa contoh taman yakni taman bergaya Bali, taman gaya Jawa, taman gaya Preancis, taman gaya Jepang dan lain sebagainya.

Penutup

Demikian pengertian hortikultura beserta contohnya. semoga artikel ini memberikan manfaat dan menambah wawasan pembaca. Silahkan share artikel ini kepada teman dan kolega. apabila ada kesalahan dalam artikel ini, sinautani mohon maaf dan menerima koreksi melalui redaksi@sinautani.com

Salam tani!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

Tinggalkan komentar