6 Langkah Menanam Bunga Mawar Hitam

Halo, Sobat Tani. Bunga mawar, siapa yang tidak kenal dengan bungsa satu ini? Warna cerahnya yang khas dan semerbak harum aromanya membuatnya sering dijadikan sebagai tanaman hias. Tetapi, tahukah kamu bunga mawar hitam? Bunga mawar yang biasanya identik dengan warna merah dan putih, ternyata ada yang berwarna hitam.

Simbol Cinta yang Telah Mati

Karena keindahannya, selama ini mawar masyhur dikenal sebagai ratu bunga. Tak hanya itu, bentuk kelopak dengan warna mencolok yang melekat menjadikannya dijuluki “Mother of Flower”.Warnanya yang unik membuat mawar hitam diminati oleh kalangan tertentu.

Bahkan, banyak mitos yang mengaitkan bunga itu dengan ilmu hitam. Ada juga yang menjadikannya sebagai simbol cinta yang telah mati. Tetapi itu semua hanyalah kepercayaan belaka yang justru menjadikannya dikenal khalayak luas. Alih-alih, trend terbaru karena warnanya bunga mawar hitam identik dengan suasana kesedihan, sehingaa ia digunakan sebagai ungkapan duka atau belasungkawa.

Bunga mawar hitam sendiri jarang kita jumpai keberadaannya tidak seperti bunga mawar lainnya. Berbeda dengan di Turki, bunga mawar hitam banyak tumbuh disana, terutama di daerah Halfeti. Tanah disana berbeda dengan tanah pada umumnya. Konturnya langka sehingga cocok untuk pertumbuhan mawar hitam. Ditambah lagi, letak geografisnya yang berdekatan dengan sungai Efrat berpengaruh terhadap iklim disana. Itulah yang menjadikan bunga mawar disana berwarna ungu tua kehitam-hitaman.

unsplash.com

Warna magenta tua atau ungu tua mendekati hitam itu dipengaruhi oleh pigmen anthocyanin. Pada buah raspberry dan blueberry juga terdapat pigmen jenis ini. Biasanya bunga ini hanya mekar 2 kali dalam setahun dengan lama mekar hanya 15 hari.

Mawar Hitam Terancam Punah

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, bunga mawar hitam terancam punah karena sulitnya membudidaya bunga ini di sembarang tempat. Diperparah lagi, dengan pembangunan bendungan Birecik di Hafelti membuat lahan bunga mawar hitam disana digusur. Walaupun warga berupaya untuk melestarikannya dengan menanamnya di tempat lain. Tetapi kualitas hasilnya masih berada di bawah dari bunga yang ditanam di tempat asalnya. Pemerintah setempat pun tidak tinggal diam agar mawar hitam tidak punah.

Pemerintah berupaya mengumpulkan bibit bunga mawar hitam dan menanamkannya di tempat baru yang dibikin mirip dengan tempat sebelumnya. Hasilnya pun positif. Walaupun tidak sebagus di tempat aslinya, bunga mawar hitam tetap dapat tumbuh di lokasi baru sehingga keberadaanya bisa terselematkan.

Walaupun banyak orang yang melambangkan kebencian pada bunga ini. Bahkan, menjadikannya sebagai simbol dari misteri. Kesan gotik yang melekat padanya dapat mempercantik tampilan rumah.

unsplash.com

Tata Cara Budidaya

Bunga ini dengan ciri khasnya memiliki keindahan dan nilai tersendiri. Sehingga sayang bila bunga ini tidak dilestarikan. Untuk mengobati rasa penasaran dengan bunga ini, berkunjunglah ke daerah Hafelti. Tetapi, buat kamu yang ingin mencoba membudidayakannya jangan risau. Saat ini bunga mawar hitam bisa ditanam di tempat lain. Berikut tata caranya:

Menanam bunga mawar hitam kini, tak beda seperti menanam bunga gelombang cinta di dalam pot. Karena mudah dan indah, membuat banyak orang ingin menanamnya untuk sekedar riasan tampilan rumah. Kita bisa mulai menanamnya dari biji.

  1. Pilihlah benih dari biji berkualitas bagus

Dapatkan benih berkualitas bagus dengan membelinya di toko benih tanaman hias. Perhatikan beberapa hal-hal wajib yang harus kamu ketahui, diantaranya:

  • Belilah benih yang sudah distratifikasi. Sebab, benih yang belum distratifikasi belum dapat ditanam di media tanam.
  • Untuk mengetahui benih yang sudah distratifikasi terdapat label dalam bahasa inggris “they are already stratified.”
  1. Rawatlah terlebih dahulu biji sebelum disemai

Umumnya biji bunga mawar sulit berkecambah dan biasanya membutuhkan waktu yang lama. Termasuk juga dengan biji bunga mawar hitam. Maka, dibutuhkan perawatan khusus pada biji bunga mawar hitam sebelum disemai agar mempercepat proses perkecambahannya. Berikut caranya:

  • Masukkan biji dalam rendaman larutan Hidrogen Peroksida

Gunanya untuk mengurangi pertumbuhan jamur. Tuangkan Hidrogen Peroksida 7 ml dalam larutan air 240 ml. Aduk rata dan rendamlah biji ke dalamnya selama 1 jam.

  • Pilihlah lingkungan yang lembab

Biji bunga mawar hitam pada lingkungan yang lembab, dingin, dan basah seperti musim dingin akan mempercepat pertumbuhan kecambah. Kecuali bila benih sudah distratifikasi maka tidak perlu melewati langkah ini, benih sudah langsung siap tanam.

  • Simpan biji dalam lemari es selama beberapa minggu, jangan dicampur dengan sayuran dan buah.
  • Pertahankan media semai tetap lembab dengan pemeriksaan rutin 1-2 kali selama seminggu.
unsplash.com
  1. Menyemai biji bunga mawar

Cara menyemai biji bunga mawar hitam hampir mirip seperti menyemai biji bunga kamboja jepang.

  • Pastikan media tanam steril kemudian isi ke dalam wadah semai. Sebaiknya gunakan arang sekam, jangan dengan media tanah.
  • Pastikan juga biji yang hendak ditanam sudah berkecambah.
  • Lubangi wadah semai kecil saja.
  • Posisikan bagian kecambah mengarah kebawah kemudian tanam karena dari kecambah akan tumbuh akar.
  • Tanam dalam kedalaman 6 mm.
  • Buat jarak tanam antar biji sekitar 5 cm.
  • Tanam biji dalam suhu ideal 16-21 derajat celcius, lembab tapi tidak basah.
  • Tempatkan tanaman di tempat yang terkena pancaran sinar matahari minimal 6 jam penyinaran agar mawar hitam dapat tumbuh dengan baik.
  • Setelah 1 bulan, tumbuh daun sejati. Maka tanaman mawar hitam sudah siap dipindah ke pot tanam.
  1. Transplanting tanaman ke dalam pot
  • Pada fase ini tanah dapat digunakan sebagai media tanam. Tetapi gunakan tanah yang halus dan gembur.
  • Buatlah lubang tanam menutupi seluruh bagian perakaran bunga. Jangan sampai menutup bagian batang.
  1. Perawatan tanaman bunga mawar

Perawatan bunga mawar hitam sama seperti perawatan bunga hias pada umumnya. Lakukan penyiraman secara rutin serta berikan pupuk tambahan NPK slow release pada tajuk tanaman. Sesekali gemburkan permukaan media tanam.

unsplash.com
  1. Persiapan tanaman bunga mawar hitam berbunga

Minimal 1 tahun setelah tanam, tanaman bunga mawar hitam akan berbunga untuk yang pertama kalinya. Setelah itu kurang lebih selama 3 tahun tanaman bunga akan bertahan hidup. Dengan perawatan dan pemeliharaan yang rutin, tanaman ini akan berbunga secara rajin.

Penutup

Begitulah sekilas tentang bunga mawar hitam beserta cara tanamnya. Bagi Sobat Tani yang ingin membudidayakannya, selamat mencoba. Dan, semoga berhasil ya!



Related Post:

Tinggalkan komentar