8 Manfaat Tepung Maizena Selain untuk Memasak, Apa saja?

By
November 2, 2020 8:36 am

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing dengan tepung maizena ya? Tepung berbahan dasar sari pati jagung ini biasanya dimanfaatkan sebagai bahan masakan. Karena itu, tepung maizena mudah diperoleh di pasaran. Nah, tapi tahukah kalau selain untuk bahan masakan, tepung maizena ternyata punya kegunaan untuk yang lain? Biar nggak makin penasaran, simak ulasan sinautani.com berikut ini.

Mengenal Tepung Maizena

Mulanya pasti banyak yang bertanya-tanya mengapa tepung satu ini disebut tepung maizena. Usut punya usut, ternyata nama tepung maizena di Indonesia ini berasal dari nama merek tepung jagung dari Meksiko.

Tepung berbahan dasar sari pati jagung ini dibuat dengan cara mengambil sari pati dari jagung yang digiling. Kemudian, sari pati tersebut direndam dan difermentasi. Singkatnya, setelah melalui proses itu jadilah tepung maizena.

Nah, biasanya tepung maizena banyak dimanfaatkan dalam dunia kuliner sebagai bahan makanan untuk zat pengikat. Sementara itu, lantaran aman dikonsumsi penderita penyakit penyimpanan glikogen dan penyakit celiac, tepung maizena juga dikenal sebagai tepung bebas gluten.

Kandungan Nutrisi

Jagung yang telah digiling untuk diambil sari patinya, gambar dari arthaganytrans.woredpress.com

Berasal dari sari pati jagung, kandungan nutrisi yang dikandung tepung maizena ternyata sangat banyak. Berikut ini kandungan nutrisi yang terkandung dalam 100 gram tepung maizena, dilansir dari USDA:

  • Kalori 381 kkal.
  • Kolesterol 0 mg.
  • Natrium 9 mg.
  • Kalsium 3 mg.
  • Karbohidrat 91 g.
  • Serat pangan 0,9 g.
  • Gula 0 g.
  • Lemak 0,1 g.
  • Protein 0,3 g.
  • Vitamin A 0 IU.
  • Vitamin B6 0 mg.
  • Vitamin C 0 mg.
  • Vitamin D 0 IU.
  • Kalsium 2 mg.
  • Zat besi 0,5 mg.
  • Magnesium 3 mg.

Kelebihan

Kegunaan tepung maizena sebagai bahan makanan tentu banyak sekali. Mulai sebagai bahan tambahan maupun bahan pengganti tepung terigu untuk beberapa makanan, seperti puding, bubur, kue kering, dan cake.

Selain itu, tepung maizena juga kerap menjadi bahan tambahan untuk saus dan pengental makanan sup. Sayangnya, penambahan tepung maizena tidak boleh berlebihan karena dapat merusak tekstur makanan.

Lain halnya dengan saus vla atau custard. Tambahan tepung maizena membuat teksturnya menjadi kental dan enak. Untuk membuatnya, tepung maizena dicampurkan dengan vla atau custard yang sudah matang, lalu adonan tersebut disimpan dalam wadah tertutup, agar teksturnya tidak rusak.

Tepung maizena kerapkali menjadi bahan utama dalam olahan masakan, gambar dari databisnisekonomi.com

Sementara itu, tepung maizena juga biasa dijadikan pelapis makanan, lantaran mampu menyerap minyak secara maksimal serta merenyahkan makanan. Karenanya, tepung maizena biasanya dicampur dengan tepung terigu untuk makanan goreng-gorengan.

Selanjutnya, mesti diperhatikan, meski tepung maizena banyak kegunaannya dalam masakan, tetapi jangan terlalu banyak takaran pemakaiannya. Sebab, penambahan tepung maizena yang terlalu banyak akan menyebabkan makanan cepat basi.

Manfaat

Seperti yang telah diutarakan sebelumnya, tepung maizena juga punya banyak manfaat selain dalam masakan. Apa saja itu? berikut ini diantaranya:

  1. Bahan Bedak Translucent

Bedak tabur translucent ternyata dapat dibikin dari tepung maizena. Bedak ini biasanya dipakai untuk melindungi kulit dan jika dipakai pun tidak merubah warna kulit. Adapun untuk membuatnya dapat mengkombinasikan 2 sdt tepung jagung, 1/8 sdt bedak dasar, dan 1 sdt bedak bayi.

  1. Bahan Blush on dan Bronzer

Make up seringkali menjadi momok masalah bagi kulit wajah sensitif. Karena itu, dapat gunakan blush on yang dibuat dari tepung maizena. Caranya, cukup campurkan ¼ cangkir tepung maizena dengan bubuk kembang sepatu atau hibiscus powder sebanyak 1 sampai 3 sdt disesuaikan warna merah muda yang dimau.

Sementara itu, jika ingin warna blush on yang lebih kecokelatan, maka tambahkan bubuk kayu manis sebanyak ¼ sdt. Sedangkan untuk bronzer, pembuatannya hampir sama persis dengan blush on. Hanya saja berbeda pada takaran kayu manis yang lebih banyak dari bunga sepatu.

  1. Bahan deodoran
Tepung maizena ternayata mampu mengatasi bau tak sedap pada ketiak, photo by engin akyurt on Unsplash

Bau badan yang tak sedap tentunya tidak disukai siapapun. Nah, untuk itu, tepung maizena mampu menyerap kelembapan penyebab bau badan pada tubuh. Gimana caranya?

  • Lelehkan minyak kelapa sebanyak 2-3 sdt
  • Campurkan dengan tepung maizena sebanyak 1/8 cangkir
  • Tambahkan baking soda sebanyak 1/8 cangkir
  • Campurkan juga bahan kering supaya adonan menjadi seperti pasta
  • Lalu, simpan dalam adonan dan jadilah lotion deodoran
  1. Meredakan kulit iritasi

Bagi yang memiliki kulit sensitif, seringkali sengatan sinar matahari atau gigitan nyamuk menyebabkan kulit menjadi iritasi. Untungnya, 3 sdm tepung maizena yang diencerkan dengan air dingin ternyata berkhasiat menenangkan kulit iritasi. Pemakaiannya, oleskan tepung maizena tersebut ke kulit yang panas karena iritasi. Tapi, hindari pemakaian ke kulit yang luka bernanah.

  1. Menghilangkan kelebihan minyak pada rambut

Rambut berminyak pastinya mengganggu kenyamanan karena bikin risih. Untuk menghilangkannya, dapat gunakan tepung maizena agar menyerap minyak tersebut.

Penggunaannya pun mudah, cukup campurkan minyak peppermint dan lavender sebagai penyegar dan pengharum. Akan tetapi, tepung maizena hanya cocok untuk rambut berwarna cerah. Sementara, untuk rambut berwarna gelap sebaiknya gunakan kayu manis atau kokoa.

  1. Sumber energi

Tinggi kandungan karbohidrat, tepung maizena dapat menjadi sumber energi tubuh. Apalagi karbohidrat tersebut mudah diolah menjadi glukosa. Dan, nutrisi di dalamnya tak banyak yang perlu dicerna. Sehingga, proses terbentuknya energi dari tepung maizena dalam tubuh berlangsung tidak lama.

  1. Menu pilihan vegan atau vegetarian

Bagi vegan atau vegetarian maupun yang memiliki alergi telur, tepung maizena dapat diolah menjadi pengganti telur untuk bahan membuat kue. Tekstur dan rasa yang dihasilkan juga tidak jauh berbeda. Melainkan cukup campurkan 1 sdm tepung maizena ke dalam air hangat dengan takaran 3sdm, lalu aduk terus sampai konsistensinya seperti telur.

  1. Membantu menaikan berat badan

Sebagai salah satu sumber energi, tepung maizena mengandung kalori yang cukup banyak. Karenanya, tepung maizena apabila dikonsumsi secara rutin mampu menaikan berat badan secara cepat. Tentunya buat kamu yang memiliki berat badan di bawah normal bisa coba mengkonsumsi tepung maizena secara rutin.

Penutup

Demikianlah ulasan sinautani.com tentang tepung maizena. Tepung yang berasal dari sari pati jagung ini tak hanya banyak manfaatnya dalam kuliner saja, tetapi juga untuk kesehatan tubuh. Tentunya tepung maizena dapat menjadi alternatif bahan makanan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, khususnya karbohidrat. Jadi, apakah Sobat Tani tertarik untuk mencobanya?



Baca juga :

This post was last modified on November 2, 2020 8:36 am

husentani