4 Jenis Anthurium, Tanaman Hias Populer dengan Harga Jutaan

By
Oktober 25, 2020 12:25 pm

Anthurium termasuk jenis tanaman hias yang sering diburu oleh banyak peminat dan menjadi tanaman hias yang sedang populer. Tanaman ini merupakan tanaman hias dari keluarga Araceae dimana jenis ini sebenarnya masih memiliki kerabat dekat dengan tanaman hias populer lainnya seperti Philodendron, keladi hias dan alokasia.

Yang membuat tanaman ini memiliki daya tarik adalah tegas dan juga corak daunnya memiliki karakter dengan memancarkan keindahan yang istimewa. Daun dari Anthurium ini warnanya hijau tua dan berbalut dengan tulang besar dan menonjol tajam.

Penggiat tanaman hias asal Bogor bernama Iwan menuturkan bahwa tanaman yang saat ini sedang mahal harganya dibandingkan lainnya adalah Anthurium. Bunga ini diendus oleh penggiat tanaman karena pesonanya estetik dan otentik.

Selain itu yang menyebabkan tanaman ini banyak dilirik adalah perawakannya yang kekar dan juga bersahaja. Bahkan tanaman ini akan terlihat semakin anggun saat dewasa. Konon katanya bunga satu ini sering dijadikan sebagai hiasan di dalam istana raja-raja di Jawa dahulu.

Jenis-Jenis Tanaman Anthurium Populer

Berikut ini adalah beberapa jenis anthurium yang sedang naik daun dan bisa Anda jadikan sebagai pilihan:

Anthurium Veitchii

Anthurium Veitchii

Di dalam kelasnya, jenis tanaman hias satu ini memang sangat istimewa dan memiliki warna tersendiri. Veitchii ini memiliki tampilan yang berbeda dan juga warna yang berbeda.

Varian satu ini justru menonjol dikarenakan tekstur daunnya. Tekstur daun ini mirip dengan gelombang-gelombang kecil yang unik. Guratan tulang yang tegas ini terlihat pada bagian tengah sedangkan pada bagian lainnya ini tampak seperti tulang yang menonjol.

Karakter dari tanaman anthurium satu ini adalah memiliki daun yang lonjong dan ketika dewasa daun tersebut mampu terjuntai dengan panjang. Banyak yang mengungkapkan bahwa anthurium jenis ini merupakan tanaman hias terindah. Ukuran panjang daun bisa mencapai 100 cm dan lebarnya bisa mencapai 20 cm.

Anthurium Regale x Magnificum

 

Anthurium Regale x Magnificum

Tanaman satu ini sepintas terlihat menyembunyikan diri jika ia berkerabat dengan keladi hias dan itu bisa terlihat dari daunnya yang mirip dengan keladi.

Eksotika tanaman ini memang sangat indah. Saat usia dewasa tanaman satu ini akan menampilkan daun yang super lebar dengan warna hijau tua. Tidak hanya itu saja guratan tulang sangat tegas dan juga hidup.

Bagi pecinta tanaman hias, tanaman ini menjadi yang sangat diminati karena sangat eksklusif. Yang menakjubkan dari tanaman ini adalah tingginya bisa mencapai 70 sampai dengan 100 cm. Jenis tanaman ini menjadi salah satu tanaman hias termahal sehingga akan membuat rumah Anda terlihat lebih eksklusif.

Anthurium Giganteum x radicans

Anthurium Giganteum x radicans

Tanaman hias satu ini sekilas sangat mirip dengan tanaman sirih padahal keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Yang membedakan adalah lekukan yang dimiliki ini sangat mirip dengan tanda love.

Warna dari tanaman ini pun sangat memikat karena dalam satu pohon Anda akan menemukan dua warna yaitu yang pertama adalah hijau tua sedangkan yang lainnya berwarna coklat sedikit kemerah-merahan. Tanaman hias satu ini pun tidak kalah menariknya dengan spesies yang lainnya dimana menonjolkan daun yang tegas dan hidup.

Yang harus Anda ketahui adalah jenis anthurium ini akan memiliki harga yang standar jika daunnya kusam. Sedangkan untuk tanaman yang memiliki warna pekat dan mengkilap ini cenderung lebih mahal. Selain itu alasan mengapa tanaman satu ini memiliki harga mahal adalah susah sekali dikembangkan. Tanaman ini bisa bertongkol namun buah sulit masak. Kalau ada yang masak, dikecambahkan akan menjadi susah jadi.

Anthurium Pedatoradiatum Variegated

Anthurium Pedatoradiatum Variegated

Anthurium jenis satu ini memiliki daun menjari yang unik dan mirip dengan daun singkong. Kombinasi antara warna putih gading dan hijau muda untuk membuatnya terlihat begitu eksotis.

Tanaman ini masih jarang diketahui oleh banyak orang sehingga jika Anda menjadi yang pertama yang memiliki jenis satu ini membuat pecinta tanaman hias lainnya iri saat melihatnya. Tanaman Anthurium Pedatoradiatum Variegated cocok untuk diaplikasikan di dalam atau di luar ruangan. Karena sangat unik maka tidak mengherankan jika tanaman ini dibanderol dengan harga yang mahal.

baca juga : Cara Budidaya Tanaman dengan Hidrogel

Jumlah Spesies Anthurium

Menurut International Aroid Society, jenis anthurium ini tersebar di seluruh dunia dan juga ada kurang lebih 800 spesies. Diduga masih banyak lagi spesies yang ada di Amerika Latin tidak teridentifikasi sehina memburu habitat asli mereka.

Banyaknya anthurium yang ada di dunia ini membuat variasi maupun bentuknya juga beragam. Tampilan yang beragam inilah yang membuat para pecinta tanaman bisa mendapatkan banyak pilihan ketika memelihara tanaman ini di rumah.

Umumnya tanaman ini dibagi dua kelompok yaitu anthurium daun atau foliage anthurium dan juga bunga anthurium atau flowering anthurium. Jenis yang ada di Indonesia sejak puluhan tahun lalu adalah anthurium Crystallinum yang mana lebih dikenal dengan kuping gajah, selain itu ada juga anthurium gelombang cinta yang dulu harganya bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Demikianlah beberapa jenis anthurium yang sedang naik daun dan memiliki harga yang fantastis, semoga informasi ini bermanfaat.



Baca juga :

This post was last modified on Oktober 25, 2020 12:25 pm

redaksi