Halo Sobat Tani, tahukah Extra Virgin Olive Oil (EVOO)? Minyak yang didapat dari buah zaitun ini diyakini sebagai minyak paling sehat di dunia. Konon, di wilayah yang menjadikan minyak zaitun sebagai bagian dari makanan pokok, penduduk disana memiliki umur yang lebih lama dan juga kualitas kesehatan yang sangat baik. Lantas, apa sih EVOO itu? Dan apa manfaatnya untuk kita? Simak ulasan sinautani.com berikut ini ya.

Sekilas Mengenal EVOO

EVOO sejatinya jenis minyak zaitun yang mempunyai kualitas yang sangat bagus. Untuk mendapatkannya pun diambil dari ekstrak buah zaitun yang tumbuh di Mediterania. Dan tentunya, minyak ini diolah secara alami tanpa memakai bahan kimia apapun. Karenanya, EVOO dikenal apik kualitasnya.

Kandungan Nutrisi

Dikenal melimpah kandungan nutrisi yang ada dalam EVOO, pastinya bikin penasaran ya ada apa saja. Nah, berikut ini diantaranya:

  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Omega 3
  • Omega 6
  • Omega 9
  • Lemak jenuh
  • Phenolic
  • Zat besi

Manfaat


Minyak zaitun diyakini kaya manfaatnya untuk kesehatan dan kecantikan, foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Seperti yang telah dikenal bahwa EVOO mempunyai banyak manfaat. Memang, manfaat yang dipunyai minyak zaitun ini ada banyak, mulai untuk kesehatan hingga kecantikan, diantaranya berikut ini:

  1. Menyehatkan rambut

Bagi rambut rontok, kering, bahkan rusak akibat sering ditouch up, seperti dikeriting, diluruskan, diwarnai, atau banyak terkena obat kimia. Maka, minyak zaitun dapat menjadi solusi untuk menyehatkan rambut akibat itu, lantaran kandungan vitamin E yang tinggi.

Tentunya, perlu pemakaian rutin dengan mengoleskan minyak zaitun ke kulit kepala supaya hasilnya maksimal. Bahkan, di samping itu, diperoleh juga manfaat, seperti mengatasi kebotakan, mempercepat pertumbuhan rambut, melebatkan rambut, dan membuat rambut bersinar secara alami.

  1. Menebalkan alis dan bulu mata

Sejak dulu minyak zaitun diyakini khasiatnya untuk memperindah bentuk alisa dan bulu mata, foto oleh Shiny Diamond dari Pexels

Tingginya kandungan vitamin E dalam minyak zaitun, ternyata tak hanya menyehatkan rambut. Tapi juga mampu menebalkan alis dan bulu mata secara alami. Tentunya, pastikan juga bahwa minyak zaitun yang digunakan alami tanpa tambahan bahan kimia.

Adapun pemakaian minyak zaitun untuk menebalkan alis dan bulu mata cukup simple. Yakni, oleskan EVOO ke alis dan bulu mata pada malam hari sebelum tidur. Lalu biarkan semalaman, barulah keesokannya bersihkan wajah.

  1. Mengencangkan kulit wajah

Minyak zaitun sudah sejak lama diyakini khasiatnya menjaga kelembapan kulit wajah sehingga mencegah wajah dari keriput.  Sebab, EVOO mengandung zat linoelic acid dan antioksidan polifenol yang melindungi sel-sel kulit wajah dari kerusakan.

Karenanya, minyak zaitun efektif mengencangkan kulit wajah. Asalkan, pemakaiannya rutin dengan campuran 1 sdm minyak zaitun dan 1 sdt madu.

  1. Meningkatkan kemampuan kognitif

Lantaran mengandung fenolik yang berfungsi mencegah degenerasi otak, minyak zaitun mampu meminimalisir resiko demensia karena usia dan penyakit alzheimer.

Terlebih, sebuah studi menunjukkan bahwa tidak mengkonsumsi minyak zaitun dan lemak standar selama 6,5 tahun akan menyebabkan melemahnya fungsi otak dan daya ingat. Tentunya, mengkonsumsi minyak zaitun secara teratur baik khasiatnya untuk kesehatan otak.

  1. Menguatkan tulang

EVOO merupakan jenis minyak zaitun yanga tinggi kandungan polifenol. Untuk itu, EVOO mempunyai khasiat yang mampu mencegah pengeroposan tulang akibat usia tua. Hal itu pun semakin dikuatkan lewat penelitian yang dilakukan pada manusia dan hewan.

Dimana dalam penelitian itu, ternyata minyak zaitun mampu menghambat pemecahan kalsium atau reabsorpsi tulang sekaligus mengoptimalkan proses pembentukan tulang. Bahkan, dalam penelitian terbaru menunjukkan, dari 870 orang yang rutin mengkonsumsi minyak zaitun mempunyai resiko terkena patah tulang hanya sebesar 51 persen.

  1. Melengkapi nutrisi makanan masakan


Karena manfaatnya, minyak zaitun sering dijadikan minyak goreng untuk kesehatan, foto oleh cottonbro dari Pexels

Sebuah studi membuktikan bahwa EVOO mampu melengkapi nutrisi makanan masakan. Karenanya, EVOO layak dijadikan minyak goreng utama. Apalagi, tingginya kadar antioksidan dalam minyak zaitun tidak mudah rusak dalam suhu panas yang tinggi, bahkan malah nutrisi di dalamnya mudah diserap olah makanan saat dimasak.

Ditambah lagi, EVOO juga mampu menjaga nutrisi dari makanan yang biasanya hilang ketika dimasak. Hal itu pun semakin dikuatkan oleh sebuah penelitian. Dimana dalam penelitian tersebut, brokoli yang dimasak dengan minyak bunga matahari atau minyak zaitun mengalami pengurangan vitamin C.

Sementara brokoli yang dimasak dengan EVOO justru menunjukkan sebaliknya, yaitu vitamin C dan beberapa senyawa lainnya tetap terjaga.

  1. Minyak goreng sehat terbaik

Minyak goreng terbaik memiliki kualifikasi bagaimana reaksinya terhadap stabilitas oksidatif, suhu tinggi, dan rasio lemak tak jenuh tunggal. Meski banyak yang mengklaim ada banyak jenis dengan kualitas terbaik, salah satunya minyak kelapa murni karena mempunyai stabilitas oksidatif dan kandungan lemak jenuh yang tinggi. Sayangnya, minyak kelapa murni sangat rendah kandungan antioksidannya.

Lain halnya dengan EVOO yang justru memenuhi kualifikasi minyak terbaik, bahkan juga tinggi kandungan antioksidannya, seperti hydroxytyrosol dan tokoferol. Sementara itu, dibandingkan minyak jenis lainnya yang mengandung lemak jenuh yang belum diketahui manfaatnya, minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang terbukti khasiatnya merawat kesehatan jantung. Untuk itu, minyak zaitun disarankan sebagai minyak goreng utama.

  1. Meminimalisir resiko diabetes tipe 2

Diabetes tipe 2 tentunya menjadi momok masalah bagi pengidapnya, lantaran tidak efektifnya kerja hormon insulin yang mengeluarkan glukosa dari darah untuk diolah menjadi energi dalam sel. Karena itu, tubuh memerlukan senyawa fenolik yang mampu membantu metabolisme glukosa dan mengoptimalkan sensitivitas serta efektivitas insulin.

Nah, ternyata senyawa fenolik itu terdapat dalam EVOO. Bahkan, dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa minyak zaitun mampu meminimalisir resiko diabetes tipe 2 sampai 13 persen. Sehingga, minyak zaitun diyakini khasiatnya menstimulus glukosa penderita diabetes tipe 2 agar normal kembali.

Dalam perkembangannya, ditemukan juga diet mediterania-style dengan mengkonsumsi EVOO dan kacang-kacangan. Sebuah studi pun menunjukkan bahwa diet mediterania-style itu mampu meminimalisir resiko diabetes tipe 2 sampai 50 persen lebih.

  1. Sumber antioksidan


Salah satu ciri khas minyak zaitun dari minyak lainnya adalah tingginya kandungan antioksidan, foto oleh Mareefe dari Pexels

Tingginya kandungan nutrisi dalam minyak zaitun membuat banyak orang ingin mengambil manfaatnya. Salah satunya dengan mengekstraknya menjadi EVOO, karena dengan cara itu mampu menjaga semua nutrisi, khususnya antioksidan dari buah zaitun.

Menariknya, EVOO sendiri ternyata memiliki 30 jenis lebih senyawa fenolik, sehingga antioksidan dalam EVOO cukup kuat untuk melindungi tubuh menangkal radikal bebas. Apalagi, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh karena merusak sel dan memicu penyakit serta mempercepat proses penuaan.

Oleh karenanya, EVOO yang mengandung lemak tak jenuh hingga 73 persen, baik khasiatnya untuk mengobati penyakit kardiovaskular, seperti stroke dan penyakit jantung.

Penutup

Nah, inilah ulasan sinautani.com tentang manfaat extra virgin olive oil yang baik manfaatnya untujk kesehatan dan juga kecantikan. Lantas, apakah Sobat Tani tertarik untuk mencobanya?

---------------------

Tulisan Terkait

This post was last modified on September 8, 2020 3:35 am