Halo Sobat Tani, seringnya kalau berbicara karbohidrat identik dengan nasi ya. Karena memang, di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat kita sehari-hari. Padahal, selain nasi ada beberapa pilihan makanan yang juga kaya karbohidrat. Mau tau apa saja? Simak ulasan sinautani.com berikut ini ya.

Mengenal Karbohidrat

Sebelum membahas langsung makanan apa saja yang banyak mengandung karbohidrat, ada baiknya kita mengenal karbohidrat dulu yuk.

Karbohidrat merupakan salah satu nutrisi yang terkandung pada banyak makanan, dan juga amat dibutuhkan tubuh. Sebab, karbohirat adalah sumber energi yang apabila masuk ke dalam tubuh akan diolah menjadi glukosa atau gula untuk bahan bakar tubuh beraktivitas.

Nah, karena terkandung pada banyak makanan, karbohidrat kemudian dibagi ke dalam tiga jenis, yaitu:

  • Gula

Semua jenis gula adalah karbohidrat, tetapi tidak semua karbohidrat adalah gula. Adapun gula ini dapat diperoleh secara alami atau buatan.

  • Pati

Pati yang terdapat dalam tanaman, seperti sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, termasuk jenis karbohidrat. Namun, pati juga dapat diperoleh dari makanan bertepung, seperti roti dan pasta.

  • Serat

Tak hanya pati, dalam tanaman juga terdapat serat yang termasuk dalam jenis karbohidrat. Misalnya saja, kacang-kacangan dan sebagian sayuran yang bersama kulitnya dapat dimakan. Sementara dalam makanan, dapat diperoleh dari salah satunya roti gandum.

Makanan Sehat mengandung Karbohidrat

Seringkali, bagi yang sedang menjalani diet, justru menghindari makanan yang mengandung karbohidrat. Bahkan, mereka rela mengurangi porsi makannya besar-besaran.

Padahal, apabila kita kekurangan karbohidrat, tubuh akan menjadi lemas. Karenanya, kita perlu mengatur asupan karbohidrat secara tepat supaya tubuh kita tetap sehat. Untuk itu, 10 makanan berikut ini dapat menjadi pilihan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh kita.

  1. Kentang

Kandungan karbohidratnya yang lebih rendah dari nasi, membuatnya menjadi makanan diet favorit, bahkan oleh kebanyakan artis di dunia. Apalagi, selain kentang memang dapat diolah ke berbagai jenis makanan, kentang juga dapat disajikan dengan cara yang mudah, semisal direbus sampai empuk dan matang.

  1. Nasi Merah

Seringnya, nasi identik dengan nasi putih, padahal selain itu ada nasi merah. Walaupun sama-sama nasi, tetapi nasi merah tinggi kandungan seratnya. Ditambah lagi, kandungan karbohidrat dalam nasi merah lebih kompleks dari nasi putih, sehingga cocok untuk menu makanan diet.

  1. Jagung

Jagung merupakan salah satu makanan yang kaya kandungan karbohidrat. Bahkan, sudah sejak lama, jagung dijadikan makanan pokok pengganti nasi, lantaran kandungan seratnya yang tinggi. Nah, tentunya, jagung dapat menjadi pilihan makanan untuk dikonsumsi setiap hari. Cara mengolahnya pun mudah, bisa cukup direbus.

  1. Ubi Jalar

Photo by Louis Hansel @shotsoflouis on Unsplash

Sebagai salah satu komoditi andalan pertanian Indonesia, khususnya di daerah dataran tinggi, ubi jalar pun cukup dikenal disini. Apalagi, ubi jalar dapat ditemukan dalam banyak jenis, mulai dari yang warnanya ungu, putih, sampai kuning. Biasanya, ubi jalar diolah menjadi makanan ringan, seperti cemilan.

Adapun untuk kandungan gizinya, 1 ubi jalar berukuran sedang mampu mengandung sekitar 100 gram kalori dan 25 gram karbohidrat. Bahkan, selain pas untuk menu diet, ubi jalar juga kaya kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.

  1. Singkong

Sepintas banyak yang mengira singkong dan ubi jalar sama saja. Padahal, keduanya berbeda. Dari bentuknya saja, singkong mempunyai kulit yang kasar dan berwarna coklat serta tekstur dagingnya yang berwarna putih.

Sementara itu, rasanya pun tawar. Tetapi, kandungan karbohidrat dalam singkong cocok sebagai pengganti nasi. Cara mengolahnya pun mudah, cukup dikukus hingga empuk dan matang.

  1. Oatmel

Makanan berbahan dasar serat gandum ini, selain kaya karbohidrat juga mudah mengenyangkan perut, sehingga cocok untuk menu diet. Apalagi, oatmel juga disarankan untuk penderita diabetes dan kolesterol karena mampu menurunkan kadar kolesterol dan gula darah dalam tubuh.

Uniknya, oatmel makin enak disajikan bersama makanan lainnya, baik yang rasanya manis maupun asin. Misal, mengkonsumsinya bersama susu, pisang, atau bahkan dengan telur.

  1. Kacang-kacangan

Ternyata kacang-kacangan mengandung banyak karbohidrat lho. Bahkan mampu memenuhi kebutuhan karbohidrat harian. Nah, lantaran kacang yang mudah ditemukan di pasar adalah kacang tanah dan kacang kedelai, maka keduanya dapat jadi pilihan makanan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat harian tubuh.

  1. Whole Wheat Pasta

Whole wheat pasta kedengarannya masih asing di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi, dibuat dari tepung whole wheat dan tepung gandum utuh (tepung gandum beserta kulit ari atau biji gandum utuh) membuatnya kaya karbohidrat kompleks, protein, dan lemak.

Selain itu, makanan ini juga mengandung serat dan vitamin B serta vitamin E. Tentunya, makanan ini selain menyehatkan juga cocok untuk pilihan makanan diet.

  1. Pisang

Photo by Patricia Hokororo on Unsplash

Pisang merupakan salah satu buah yang dikenal manfaatnya untuk diet, lantaran mengandung 100 kalori dan 25 gram karbohidrat, sehingga mengenyangkan perut. Ditambah lagi, serat dan zat pati dalam pisang diyakini mampu menjaga kesehatan usus dan mengendalikan gula darah serta membantu melancarkan pencernaan.

  1. Mangga

Selain pisang, ada mangga yang kaya karbohidrat. Dalam satu cangkir buah mangga, terkandung setidaknya 100 gram kalori dan 25 ml karbohidrat. Selain itu, mangga juga kaya vitamin C sebagai antioksidan alami untuk menguatkan kekebalan tubuh dan menjaga kesehatan kulit. Apalagi, rasanya yang manis sangat cocok sebagai pelengkap makanan menu diet.

Olahan Karbohidrat yang Harus Dihindari

Setelah mengetahui makanan apa saja yang baik untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat. Kita juga perlu mengetahui olahan karbohidrat apa saja yang harus dihindari agar diet kita tidak sia-sia. Berikut ini diantaranya:

  • Soda
  • Jus dengan tambahan gula
  • Sirup dari pemanis buatan
  • Keripik kentang
  • Yoghurt dengan tambahan gula
  • Kue dan produk panggang lainnya
  • Nasi putih
  • Roti putih
  • Pasta putih
  • Sereal sarapan manis
  • Permen
  • Makanan dan minuman yang tinggi kadar gula rafinasi

Itulah makanan-makanan yang mengandung karbohidrat sederhana atau olahan yang harus dihindari. Sementara karbohidrat yang baik untuk tubuh adalah karbohidrat utuh atau kompleks.

Penutup

Demikian ulasan mengenai pilihan makanan yang kaya karbohidrat untuk memenuhi kebutuhan tubuh sekaligus sebagai pilihan diet. Dan tak kalah penting, hindari juga beberapa jenis makanan yang justru mengandung karbohidrat yang susah dicerna tubuh. Semoga sajian informasi dari sinautani.com ini bermanfaat untuk Sobat Tani ya.

---------------------

Tulisan Terkait