10 Manfaat Jeruk Nagami dan Kandungannya

By
Agustus 3, 2020 4:37 pm

Halo Sobat Tani, kali ini sinautani.com akan mengulas kandungan nutrisi jeruk nagami dan manfaatnya. Buat sobat tani yang penasaran, silahkan membaca.

Jeruk Nagami Memiliki Ukuran Kecil

Jeruk nagami, buah dengana nama latin Citrus Japonica, berbentuk lonjong dan kecil seukuran buah zaitun. Ukurannya pun lebih kecil daripada varietas jeruk kebanyakan. Warna kulitnya jingga seperti jeruk pada umumnya serta memiliki rasa manis yang khas dan tajam.

Tanaman ini termasuk dalam keluarga Rutaceae. Pohonnya kecil mirip pohon cemara, bagus dijadikan tanaman hias.
Jeruk nagami sendiri adalah tanaman asli wilayah Asia-Pasifik.

Ditemukan pada abad ke-19 di wilayah tenggara pegunungan China oleh ahli botani, Robert Fortune. Ia menamainya Fortunella margarita karena buah tersebut termasuk dalam genus, Fortunella. Nama genus tersebut ia adaptasi dari namanya. Sejak saat itu, jeruk nagami mulai tersebar di Eropa dan Amerika untuk dibudidaya disana.

Di Eropa, jeruk nagami termasuk kumquat yang berbuah musiman pada musim dingin atau musim semi. Meskipun kumquat rasanya sama seperti buah-buahan kategori jeruk lainnya, mereka dibedakan dengan cara yang bisa dimakan sepenuhnya termasuk kulitnya. Kumquat sendiri terdiri dari 4 spesies yang berbeda, termasuk Liar Hong Kong (Fortunella hindsii), Marumi (Fortunella japonica), Meiwa (Fortunella crassifolia) dan Nagami (Fortunella margarita).

Dari berbagai jenis kumquat, jeruk nagami yang paling banyak dibudidayakan. Varietas kumquat bulat ini rasanya manis, sering dimanfaatkan untuk koktail, selai, jeli, pengawet, permen, dan makanan penutup. Ekstrak air garam dan jeruk nagami telah digunakan untuk berbagai keperluan pengobatan selama bertahun-tahun untuk sakit tenggorokan dan masalah pernapasan . Minyak atsiri, senyawa organik, dan nutrisi yang terkandung dalam jeruk nagami membuatnya banyak dimanfaatkan sebagai obat-obatan tradisional di seluruh dunia.

Kandungan Gizi

Jeruk nagami mengandung berbagai macam minyak esensial, termasuk limonene, alpha-pinene, monoterpen, dan banyak lainnya. Selain itu, juga mengandung serat, kalium, kalsium, vitamin C, lemak bermanfaat, dan vitamin A, menurut Database Nutrien Nasional Amerika Serikat (USDA).

Kandungan nilai kalorinya setara dengan anggur, 100 gram buah segarnya menyediakan 71 kalori. Sehingga, jeruk nagami menjadi salah satu sumber fitonutrien yang bermanfaat bagi kesehatan seperti serat makanan, mineral, vitamin, dan antioksidan pigmen yang berkontribusi besar terhadap kesehatan secara keseluruhan.

Buahnya yang segar mengandung antioksidan seperti vitamin A, B, C, dan E, dan polifenol flavonoid seperti karoten, lutein, zeaxanthin, dan tanin. 100 gram buah segarnya memberikan 47,9 atau 73% dari AKG (tunjangan harian yang direkomendasikan). Kandungan vitamin C sebagai salah satu antioksidan alami memiliki peran penting untuk sintesis kolagen dan penyembuhan luka.

Disamping itu, vitamin C juga dapat berperan sebagai antivirus dan antikanker, membantu mencegah penyakit neurodegeneratif, radang sendi, diabetes, dan menghilangkan radikal bebas oksidan dari tubuh.

Senyawa phytochemical juga terdapat dalam jeruk nagami, membantu menangkal radikal bebas. Ditambah lagi, sumber mineral sederhana juga terkandung didalamnya seperti kalsium, tembaga, kalium, mangan, besi , selenium, dan seng.

Kalsium sebagai elemen utama untuk pembentukan tulang dan gigi, tembaga untuk produksi sel darah merah, dan zat besi untuk pembentukan sel darah merah juga untuk oksidasi sel.

Selain dapat dimakan, kulit jeruk nagami juga kaya akan banyak minyak atsiri, antioksidan, dan serat. Diantaranya tanin, pektin, hemiselulosa, dan polisakarida non-pati lainnya. Kulit jeruk nagami mengandung banyak minyak esensial penting, termasuk limonene, pinene, α-bergamotene, caryophyllene, α-humulene, dan α-murolene. Senyawa-senyawa tersebutlah yang memberikan aroma khas pada buah jeruk.

jeruk nagami dalam pot

10 Manfaat Jeruk Nagami untuk Kesehatan

simak 10 manfaatnya dibawah ini

1. Membantu Pencernaan

8 buah jeruk nagami setara dengan 10 gram serat. Jumlah serat ini membantu melancarkan saluran pencernaan dan meningkatkan efisiensi penyerapan nutrisi. Sehingga sesuai untuk mengobati sembelit , kembung, kram, dan radang usus.

2. Baik Untuk Diet

Menurut penelitian Universitas di Changsha, China, ekstrak flavonoid dalam jeruk nagami dapat menurunkan kadar lemak darah pada tikus gemuk di laboratorium. Laporan Michigan University juga menjelaskan jeruk nagami bagus untuk diet karena memiliki kadar gula rendah, natrium rendah, nol kolesterol , dan 0,1 gram lemak. Tingkat seratnya yang tinggi juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sebuah studi yang dilakukan di Swiss pada “Vitamin C dan Fungsi Kekebalan Tubuh” memperlihatkan vitamin C sebagai antioksidan yang kuat dan mendorong fungsi enzim biosintetik. Oleh karena itu, vitamin C membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari infeksi, bakteri, dan jamur.

4. Perawatan Kulit

Kombinasi antioksidan dan vitamin membuat jeruk nagami baik untuk melindungi kulit dari efek kanker matahari dan efek negatif radikal bebas, yang menyebabkan keriput, bintik-bintik penuaan, kulit kasar, dan tidak sehat. Terlebih tingginya kandungan vitamin C membuat jeruk nagami bagus untuk kesehatan dan kecerahan kulit.

5. Merawat Kesehatan Mata

Jeruk nagami kaya kandungan vitamin A dan beta-karoten yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi stres oksidatif dalam sel mata. Sehingga, keduanya memiliki kaitan yang erat dalam merawat kesehatan mata dengan mencegah degenerasi sel-sel mata dan mengurangi perkembangan katarak.

6. Menguatkan Tulang

Kandungan kalsium yang tinggi dalam buahnya membantu melindungi tulang dalam jangka panjang, meningkatkan tingkat penyembuhan, dan merawat tulang tetap sehat dan kuat hingga usia tua.

7. Sumber Energi

Buah ini kaya akan kandungan karbohidrat, sumber energi tubuh, dan riboflavin, zat dalam vitamin yang terlibat dalam mempercepat proses produksi energi.

8. Menurunkan Berat Badan

Kaya akan serat, air,karbohidrat, dan rendah kalori, baik dikonsumsi bagi orang yang berusaha menurunkan berat badan. Selain menurunkan berat badan dan memenuhi kebutuhan energi, kandungan seratnya juga berfungsi menurunkan nafsu makan.

9. Baik Untuk Perawatan Rambut

Vitamin C, senyawa organik alami, antioksidan, dan mineral dalam jeruk nagami baik untuk kualitas, tekstur, dan kekuatan rambut.

10. Merawat gigi

Kandungan kalsium, kalium, dan vitamin C pada buah jeruk nagami akan meningkatkan kualitas gigi dan menguatkannya.

Semoga ulasan diatas bermanfaat buat sobat tani ya.



Baca juga :

This post was last modified on Agustus 3, 2020 4:37 pm

husentani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*