Lompat ke konten

Tips Memilih Kurma Yang Enak Untuk Buka Puasa

tips memilih kurma

Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi tips memilih kurma yang enak untuk buka puasa gais. Nah bagi kalian yang menyukai buka puasa dengan buah kurma alangkah baiknya untuk membaca artikel tips yang akan kami sampaikan berikut ini.

Memilih kurma yang enak memang harus kalian ketahui jika kalian suka berbuka puasa di Bulan ramadhan dengan kurma, kurma paling enak dan manis sudah pasti menjadi dambaan saat berbuka puasa bukan? Walaupun begitu alangkah baiknya kita harus benar benar teliti dalam memilih kurma yang memiliki rasa manis, enak, segar dan tentunya manis alami (tidak ada pemanis buatan) Nah berikut ini merupakan beberapa cara yang bisa kalian lakukan dalam memilih kurma paling enak dan sehat untuk disantap pada saat berbuka puasa.

Memilih Yang Memiliki Tekstur Yang Padat

Kurma yang tidak memiliki pemanis buatan biasanya memiliki kulit yang lebih padat. Sedangkan kurma yang diberi pemanis buatan biasanya lebih lunak. Hal ini dikarenakan adanya proses pemanasan pada saat kurma dioalh dengan cairan gula yang mana menyebabkan permukaan kulit menjadi lebih lunak. Selain itu kurma yang manis dan enak biasanya rasanya akan sampai pada jaringan buah kurma tidak hanya di bagian permukaan saja.

Tips Memilih Kurma Berdasarkan Warna

Tips selanjutnya yaitu dengan memilih berdasarkan warna kurma itu sendiri. Warna kurma yang paling umum biasanya memiliki varian warna merah, kuning, cokelat dan agak kehitaman. Pilihlah kurma yang memiliki warna secara merata dan tidak terdapat bagian kurma yang rusak, jika kalian memilih kurma dengan warna yang merata maka kurma tersebut masih segar dan sehat untuk dimakan.

Dikerumuni Semut Apa Tidak

Untuk membuktikan bahwa kurma tersebut manis alami atau tidak biasanya dengan membiarkan kurma berada di ruangan yang terbuka. Jika kurma tersebut dikerumuni oleh semut maka bisa dipastikan kurma tersebut termasuk kurma yang menggunakan pemanis buatan (cairaan gula). Kurma yang memiliki rasa manis alami biasanya tidak akan dikerumuni oleh semut dikarenakan rasa manisnya berasal dari jaringan dalam buah.

Dilihat dari Ukuran Kurma

Nah secara umum biasanya ukuran buah kurma kurang lebih memiliki berat 7,1 gram dan yang paling besar seukuran setengan ibu jari orang dewasa. Maka dari itu dalam memakan kurma selama sehari sebaiknya jangan lebih dari 5 kurma, dikarenakan kebutuhan akan gula di dalam tubuh kita akan terpenuh dengan hanya memakan kurmat paling tidak sebanyak 40 gram saja gais.

Dilihat dari Kemasannya

Nah tips terakhir untuk memilih kurma yang enak yaitu dengan melihat dari bentuk kemasan yang digunakan. Alangkah baiknya kalian untuk memilih kurma yang sudah dikemas dengan penutup yang rapat dan ada tanggal expirednya. Akan tetapi, jika kalian membeli kurma curah di pedagang yang tidak menjual dalam bentuk kemasan maka kalian harus memperhatikan bagaimana kondisi tempat jualannya. Apakah baik untuk makanan misalnya tidak berdebu, tidak adnya kotoran, kurma disimpan baik dan tidak terkontaminasi.

Nah demikian merupakan tips memilih kurma yang enak, yang mana bisa kalian lakukan dengan mudah agar mendapatkan buah kurma paling enak dan berkualitas. Semoga dengan adanya artikel tentang tips memilih kurma ini bisa bermanfaat baik untuk kalian gais.


Baca juga :