Lompat ke konten

Mengenal Berbagai Manfaat Sekam Bakar Untuk Tanaman

manfaat sekam bakar

Tahukah kalian apa saja manfaat sekam bakar untuk tanaman? Sekam bakar merupakan salah satu bahan yang sering digunakan untuk media tanaman. Penggunaannya sebagai media tanam, sekam bakar memiliki banyak sekali manfaat yang didapatkan untuk tanaman.

Media tanam sekam bakar saat ini sangat diperlukan dibidang agro industri lho. Jika kalian belum mengetahui manfaat sekam bakar, alangkah baiknya kalian membaca pembahasan artikel yang sudah kami rangkum berikut ini.

Apa Itu Sekam Bakar?

manfaat sekam bakar untuk tanaman

Sekam bakar merupakan hasil sisa dari proses bekas penggilingan padi yang dapat dimanfaatkan untuk media tanam, agar menjadi media tanam yang berkualitas maka diperlukan proses pembakaran untuk mengasilkan unsur arang agar dapat meresap unsur hara yang cukup.

Proses pembuatan media tanam sekam bakar yaitu dengan pembakaran sekam padi di dalam tungku pembakaran yang dilakukan selama beberapa waktu tertentu.  Lama waktu pembakaran juga sangat berpengaruh terhadap kualitas dari media tanam sekam bakar. Dengan proses pembakaran sekam padi tersebut maka dihasilkanlah media tanam sekam bakar yang memiliki berbagai macam manfaat.

Manfaat Sekam Bakar

Sekam bakar memiliki berbagai manfaat yang bisa kalian dapatkan, nah jika kalian ingin tahu apa saja manfaat yang dihasilkan oleh sekam bakar. Berikut ini manfaat yang bisa kalian dapat.

1. Dapat Memperbaiki Struktur Tanah dan Porositas

Sekam bakar memiliki manfaat dalam memperbaiki struktur tanah yang rusak, sekam bakar juga dapat menjadikan tanah lebih gembur. Hal ini sangat berguna untuk menyerap nutrisi secara optimal, menjaga kelembapan suhu lingkungan sekitar akar dan juga menyediakan unsur hara dan udara yang cukup.

2. Perbaikan Tingkat Keasaman Tanah

Media tanam sekam bakar mempunyai nilai pH (tingkat keasamaan) yang cukup tinggi yaitu 8,5 hingga 9,0. Tingginya pH ini dapat bermanfaat bagi tana yang memiliki sifat asam agar pH tanah nya dapat meningkat. Sekam bakar juga memiliki kandungan siliki yang dapat memperkuat daun sehingga dapat membuat daun menjadi lebih tegak dan dapat memperkuat tanaman.

3. Mengikat Unsur Hara

Manfaat yang dihasilkan oleh media tanam sekam bakar dan sangat berguna untuk tanaman adalah dapat mengikat unsur hara. Kenapa sekam bakar dapat mengikat unsur hara? Sekam bakar memiliki pori pori yang besar dan ringan. Penggunaan pori pori sekam bakar ini dapat mengikat dan menyerap unsur hara dengan baik.

4. Dapat Menyerap Racun

Selain ketiga manfaat sekam bakar di atas, media tanam sekam bakar juga dapat menyerap racun. Sekam bakar dapat menekan mikroba patogen sehingga dapat mengisolasi penyakit dan juga menyerap racun yang terdapat pada tanaman.

5. Berperan Sebagai Mulsa

Pemberian media tanam sekam bakar juga bisa digunakan sebagai mulsa. Mulsa adalah pelapis pelindung tanah yang biasanya diletakan di sekitar tanaman. Pemberian mulsa sangat bermanfaat dalam menjaga tingkat kelembapan tanah, menanggulangi adanya gulma, dan sangat disukai oleh mahkluk renik yang dapat sangat bermanfaat untuk tanaman.

6. Memacu Pertumbuhan Mikroorganisme

Manfaat sekam bakar selanjutnya yaitu dapat memacu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna untuk tanaman. Dengan pemberian media ini dapat menjaga kelembapan tanah sehingga dapat membantu pertumbuhan mikroorganisme yang berguna.

7. Meningkatnya Produksi Tanaman

Manfaat sekam bakar selanjutnya yaitu dapat meningkatkan produksi tanaman. Dengan pemberian media tanam ini, dapat bermanfat untuk meningkatkan asupan unsur hara yang berkualitas, sehingga dapat meningkatakn produksi tanaman.

Hal lain yang dapat berpengaruh terhadap meningkatnya produksi tanaman yaitu kondisi lingkungan yang dihasilkan dari pemberian media tanam sekam bakar seperti pH yang sesuai, kelembapan, suhu, daya serap air, daya serap unsur hara dan lainnya.

8. Memperbaiki Tanah Rusak Akibat Bahan Kimia

Manfaat sekam bakar yang lain yaitu dapat memperbaiki tanah yang rusak akibat bahan kimia seperti pestisida. Selain itu juga dapat menjaga sirkulasi udara didalamnya menjadi lebih terjaga sehingga tanaman dapat tumbuh menjadi lebih baik.

Bagi anda yang sedang mencari sekam bakar untuk media tanam, kalian bisa mendapatkannya di Tanami. Tanami merupakan salah satu perusahaan yang menyediakan beragam produk media tanam, seperti media tanam sekam bakar. Kalian dapat membeli media tanam sekam bakar secara langsung di Tanami dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Kalian dapat memesan sekam bakar berkualitas melalui Whatsapp Tanami yaitu +62 812-1233 -3590 atau dengan mengirim email ke [email protected]


Baca juga :