7 Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

By | Juli 22, 2020

Halo Sobat Tani, pernah mencicipi susu almond? Mungkin ada yang pernah dan ada yang belum ya. Karena memang, kebanyakan dari kita lebih familiar dengan susu sapi. Tapi, bagi yang tidak suka susu sapi, susu almond dapat menjadi alternatif penggantinya lho.

Karenanya, sejak 2014 lalu, susu almond makin dikenal sebagai tren gaya hidup sehat baru. Wah, manfaat susu almond untuk kesehatan apa aja ya? Berikut sinautani.com akan bagikan ulasannya.

Susu Almond bisa jadi Pengganti Susu Sapi

Ternyata, tidak semua orang suka susu sapi. Bahkan, ada juga yang alergi dengan laktosa susu sapi. Tapi, jangan risau karena kini ada susu almond yang tak kalah lezat dan bergizi dari susu sapi. Malahan, kandungan kalorinya yang lebih rendah 50 persen dari susu sapi bagus dikonsumsi bagi yang sedang diet mengurangi berat badan.

Susu almond segar

Karena itu, Kristin Kirkpatrick, ahli diet sekaligus manajer layanan nutrisi kesehatan di Cleveland Clinic’s Wellness Institute, menyarankan untuk mengkonsumsi susu almond bagi yang ingin menurunkan berat badan. Sebab, bukan berasal dari produk hewani, susu almond tidak mempunyai kolesterol. Apalagi, bagi vegan, susu almond adalah pilihan yang cocok untuk tetap dapat menikmati susu.

Susu kacang-kacangan

Berbeda dari susu sapi yang berasal dari hewan, susu almond justru terbuat dari olahan kacang almond. Membuatnya pun cukup mudah, dengan menggiling kacang almond, lalu mencampurnya dengan air, kemudian saring untuk mengambil sarinya sebagai susu.

Selain itu, membuat susu almond juga bisa dengan mentega almond yang dicampur dengan air. Dengan cara ini akan membuat rasa kacang almondnya cukup dominan. Teksturnya yang creamy membuatnya tak berbeda dengan susu pada umumnya, meski berasal dari kacang-kacangan.

Bahkan, kini susu almond sudah banyak dijajakan di pasaran dengan beragam varian rasa. Nah, untuk itu, sebisa mungkin pilih susu almond yang tidak mengandung gula tambahan, supaya tetap terjaga kualitas nutrisinya.

kacang almond

Kandungan Nutrisi Susu Almond

Nah, kandungan nutrisi pada susu almond tak kalah banyak dibandingkan susu-susu lainnya. Untuk itu, biar makin tau ada nutrisi apa saja dalam susu almond, berikut ini diantaranya: (per 240 ml)

  • Energi: 575 kkal
  • Kolesterol: 0 mg.
  • Total lemak: 49,42 g.
  • Protein: 21,22 g.
  • Karbohidrat: 21,67 g.
  • Magnesium: 268 mg.
  • Fosfor: 484 mg.
  • Kalsium: 264 mg.
  • Kalium: 705 mg.
  • Vitamin E: 26 mg.
  • Folat: 50 mg.
  • Serat makanan: 12,2 g.

Manfaat Susu Almond untuk Kesehatan

Pada 2015 lalu, pernah dilakukan polling tentang manfaat susu almond oleh TIME kepada 5 ahli kesehatan. Hasilnya, 4 dari 5 ahli kesehatan tersebut menjawab kalau susu almond mempunyai manfaat dan nutrisi lebih banyak dibandingkan susu lainnya. Lantas, manfaat susu almond apa saja ya?

1. Aman dikonsumsi penderita sakit ginjal

Penderita penyakit ginjal tidak diperbolehkan mengkonsumsi susu, bahkan olahan darinya, lantaran mengandung fosfor dan kalium dalam kadar tinggi. Karena itu, susu almond aman dikonsumsi penderita sakit ginjal, karena rendah fosfor dan kalium dibanding susu sapi.

2. Aman dikonsumsi pengidap alergi laktosa

Bagi orang yang mempunyai alergi laktosa akan menghindari konsumsi susu sapi. Sebab, alergi tersebut bisa menyebabkan muntah, bergas, dan sakit perut. Berbeda halnya dengan susu almond, selain menjadi pengganti susu sapi, juga tidak mengandung laktosa karena berasal dari kacang-kacangan. Karena itu, susu almond tidak berpotensi menyebabkan alergi, sehingga aman dikonsumsi.

kacang almond roasted

3. Menjaga kesehatan tulang

Meski dibandingkan susu sapi, susu almond lebih rendah kandungan kalsiumnya. Akan tetapi, kandungan kalsium susu almond sendiri terbilang cukup banyak mencapai 20 sampai 45 persen. Untuk itu, kandungan kalsium tersebut cukup memenuhi kebutuhan kalsium tubuh.

Sehingga, mengkonsumsi susu almond secara rutin, selain memenuhi kebutuhan kalsium harian, juga menjaga kesehatan tulang. Oleh karenanya, diminum oleh anak-anak hingga orang dewasa, susu almond mampu mencegah tulang dari osteoporosis serta menguatkan tulang.

4. Kaya antioksidan

Kadar antioksidan dalam susu almond bisa dibilang cukup tinggi. Tentu, hal itu sangat baik untuk menangkal radikal bebas dan racun dalam tubuh. Bahkan, kandungan antioksidan itu juga membantu merawat kesehatan kulit.

5. Meminimalisir resiko diabetes

Tak hanya rendah kalori, susu almond juga rendah gula. Oleh karenanya, susu almond aman dikonsumsi pengidap penyakit diabetes, karena dapat meminimalisir resiko diabetes. Selain itu, bagi yang ingin membatasi konsumsi gula berlebihan, maka susu almond dapat menjadi pilihan.

6. Membantu diet mengurangi berat badan

Nah, buat yang sedang menjalani diet untuk mengurangi berat badan. Maka, susu almond dapat menjadi alternatif pilihan untuk dikonsumsi secara rutin. Pasalnya, susu almond rendah kalori dibandingkan susu sapi.

Apabila ditakar dalam satu gelas berukuran 240 ml, susu almond mengandung 30 hingga 50 kalori. Sementara susu sapi dengan ukuran yang sama mengandung lebih banyak hingga 146 kalori.

7. Meningkatkan ASI (ASI Booster)

susu almond dapat menjadi asi booster untuk ibu menyusui

susu almond dapat menjadi asi booster untuk ibu menyusui

Manfaat susu almond untuk air susu ibu (ASI) tidak hanya untuk menambah nutrisi aja lho. Bahkan, juga menjadi booster ASI yang bagus, lantaran mengandung vitamin E, kalsium, dan protein.

Ditambah lagi, omega-3 dalam susu almond membantu merangsang hormon ibu yang berfungsi meningkatkan kualitas dan kuanititas ASI. Oleh sebab itu, bila produksi ASI ibu sulit, sebaiknya konsumsi susu almond secara rutin.

Penting Diperhatikan Sebelum Membeli

Meski mempunyai banyak manfaat, ternyata kandungan protein dan kalsium dalam susu almond tidak banyak seperti yang ada dalam susu sapi. Sebagaimana yang disebutkan Alicia Romano, ahli diet Frances Stern Nutrition Center di Tufts Medical Center, bahwa protein dalam susu almond lebih rendah dari susu sapi dan susu kedelai.

Bahkan bila ditakar, segelas susu almond hanya mengandung 1 gram protein, sedangkan susu sapi mengandung hingga 8 gram. Sementara kandungan kalsiumnya, susu almond hanya mempunyai 2 miligram, sedangkan susu sapi berbanding jauh hingga 300 miligram.

 

Terlebih, lantaran almond sudah diolah menjadi susu, kandungan air di dalamnya lebih banyak sehingga banyak nutrisi yang hilang karena larut. Karenanya, sebelum hendak membeli susu almond, harus diperhatikan dulu label kandungan nutrisinya. Sebaiknya, pilih yang sudah diberi nutrisi tambahan dan tanpa pengawet berbahaya.

Penutup

Itulah tadi ulasan mengenai susu almond yang mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Bahkan, dapat menjadi alternatif pilihan bagi yang tidak suka susu sapi. Tapi, seperti yang telah dijelaskan, sebelum membeli perhatikan dulu label nutrisinya, karena rendahnya kandungan protein dan kalsium susu almond. Sehingga, pilih susu almond yang sudah diberi nutrisi tambahan dan tanpa pengawet berbahaya. Selamat mencoba ya!

---------------------

Tulisan Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *