Tanaman Obat Keluarga dan Khasiatnya

Tanaman Obat Keluarga / TOGA merupakan tanaman budidaya rumahan yang memiliki khasiat sebagai obat. Saat ini masih banyak orang menggunakan obat tradisional dalam menyembuhkan penyakit dengan cara melakukan penanaman tanaman obat keluarga. Akan tetapi banyak juga yang menggunakan obat kimiawi agar mendapatkan efek yang lebih cepat. Padahal, dengan mengkonsumsi tanaman obat keluarga memiliki kandungan yang alami dan dapat dikonsumsi dengan aman.

Sinau Tani kali ini akan berbagi informasi tentang tanaman obat apa saja yang memiliki manfaat yang baik untuk Kesehatan, berikut merupakan daftar tanaman obat keluarga

1. Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan tanaman yang sudah terkenal dengan sifatnya sebagai anti radang dan disinfektan. Jika anda mengonsumsi jeruk nipis secara rutin dapat mengurangi dan menghilangkan batuk yang biasanya disebabkan oleh polusi ataupun virus.

Tidak hanya itu, kandungan vitamin C yang terdapat pada jeruk nipis dapat memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti radang tenggorokan, flu ataupun pilek.

2. Seledri

Seledri biasa digunakan sebagai bumbu dapur. Namun tanaman obat keluarga ini memiliki banyak kandungan nutrisi seperti natrium, besih dan kalsium yang dapat membuat tubuh anda menjadi lebih sehat.

Seledri juga dipercaya dapat menurunkan tekanan darah karena memiliki kandungan phthalides, serta dapat juga mengurangi kolestrol, reumatik, meringankan arthritis dan juga asam urat serta sangat berguna untuk dijadikan sebagai antiseptik.

3. Sirih

Tanaman sirih merupakan tanaman yang sangat familiar dan juga memiliki kedekatan akan sosial dan budaya. Dikarenakan banyak upacara adat yang mana menggunakan daun sirih sebagai salah satu bahan perlengkapannya.

Daun sirih memiliki banyak manfaat salah satunya untuk meringankan sembelit dikarenakan kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan ini dapat mengembalikan pH normal didalam perut dan meringankan sembelit.

4. Lengkuas

Lengkuas merupakan tanaman yang dapat dengan mudah untuk kita temukan di Indonesia. Tanaman ini biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk menambah rasa pada masakan daging.

Penggunaan lengkuas dalam Kesehatan dapat mengobati mual, sakit perut, gangguan pencernaan hingga kolik. Bahkan jika lengkuas dikonsumsi secara rutin dapat meningkatkan nafsu makan anda.

5. Serai

Batang serai merupakan batang yang memiliki bau yang khas, biasanya ditambahkan ke dalam makanan. Tumbuhan ini termasuk kedalam jenis rumput-rumputan dan memiliki banyak sekali kandungan dan nutrisi yang baik bagi Kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi batang serai dapat mengatasi gangguan tidur. Anda dapat menyeduh batang serai dan meminumnya dengan ini dapat menenangkan otot dan saraf sehingga tidur anda dapat lebih berkualitas.

6. Pulosari

Tanaman ini memiliki nama lain Alyxia stelllata, tanaman ini memiliki berbagai macam khasiat, salah satu manfaat dari tanaman ini yaitu untuk melancarkan haid. Untuk wanita, siklus haid yang baik dapat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan.

Anda dapat merebus batang Pulosari bersama dengan adas, bunga dan daun srigading, bunga kesumba kling, jeruk nipis, jintan hitam dan gula batu. Minum lah air ramuan tersebut sebanyak tiga kali dalam sehari untuk melancarkan haid.

7. Temulawak

Temulawak merupakan tanaman yang memiliki khasiat untuk merangsang produksi cairan empedi yang ada di kantung empedu. Selain itu, temulawak dapat membantu melancarkan pencernaan dan metabolisme makanan, juga dapat mengatasi dyspepsia dan meningkatkan nafsu makan.

8. Jahe

Tanaman jahe merupakan tanaman rempah yang sangat terkenal di Asia Tenggara. Dikarenakan aromanya yang khas jahe sering digunakan untuk bahan masakan. Tidak hanya itu jahe juga dapat bermanfaat didunia Kesehatan antara lainnya yaitu dapat membantu proses detoksifikasi sehingga sangat berkhasiat untuk pencernaan, dapat mencegah penyakit kulit dan dapat melindungi dari tumor dan kanker.

Redaksi Sinautani

Redaksi Sinautani

Sinautani adalah media online yang mengulas topik seputar pertanian sepeti budidaya, hama, pupuk, peluang usaha dan sebagainya.

Tulisan Terkait :