Categories: SERBA-SERBI

Selain Lezat, Inilah 8 Manfaat Daun Ginseng untuk Kesehatan

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing dengan ginseng, kan? Akar tanaman itu sudah lama dikenal akan manfaatnya untuk kesehatan. Tak heran jika akar ginseng dibanderol harga tinggi karenanya. Tetapi, bagaimana dengan daunnya? Apakah Sobat Tani mengetahui kalau daunnya juga bermanfaat untuk kesehatan? Biar makin jelas, simak ulasan sinautani.com berikut ini ya!

Tanaman Ginseng, dari Akar Hingga Daun

Termasuk tanaman berakar besar, akar tanaman ginseng memang dikenal banyak manfaatnya, terutama untuk obat-obatan. Bahkan, dalam bahasa Mandarin, akar ginseng disebut bentuknya mirip manusia. Akarnya bercabang berwarna terang dan batang yang relatif panjang serta daun hijau berbentuk oval.

Tanaman ginseng sebagaimana yang dijual di pasaran beragam jenisnya. Memang, tanaman ginseng banyak tumbuh di wilayah belahan bumi bagian utara, seperti Amerika Serikat, Korea, Manchuria, dan Siberia. Tetapi, di daerah tropis, ginseng juga bisa tumbuh, misalnya ditemukannya ginseng jenis tropis di Vietnam.

Tak terkecuali Indonesia, ginseng jenis tropis juga ditemukan seperti ginseng jawa atau som jawa. Manfaatnya pun tak jauh beda dengan tanaman ginseng pada umumnya, dikutip dari jurnal berjudul “The Study of Phytochemistry of Java Ginseng Compare to Korean Ginseng”. Bahkan, sudah sejak lama, ginseng dimanfaatkan dalam pengobatan tradisional.

Manfaat Tanaman Ginseng

Daun ginseng, gambar dari dayaternak.com

Tanaman ginseng apapun jenisnya sebenarnya mempunya manfaat yang rata-rata sama. Meski dalam utas sejarah, ginseng sudah dimanfaatkan sebagai obat sejak zaman dahulu. Namun, hingga sekarang, ilmuwan barat dan profesional kesehatan belum menemukan konsklusif yang menentukan efektivitas ginseng, dilansir dari medicalnewstoday.com.

Ditambah lagi, konsumsi ginseng berlebihan ternyata dapat mengakibatkan efek samping, seperti sakit kepala, diare, masalah pencernaan, dan lainnya. Akan tetapi, para peneliti tersebut tidak menafikan manfaat ginseng yang manjur untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Lantas, berikut inilah beberapa manfaat ginseng:

  1. Meningkatkan Fungsi Kognitif

The Cochrane Library, Organisasi Nirlaba untuk Penelitian Medis di Inggris, telah mempublikasikan penelitiannya mengenai keakuratan efek akar ginseng terhadap daya pikir. Dalam penelitian tersebut, akar ginseng menunjukkan efek manfaatnya untuk kualitas hidup, perilaku, dan kognisi.

Namun, Richard Brown, Psikiatri Klinis Universitas Columbia, mengingatkan bahwa penelitian itu mesti diinterpretasikan secara hati-hati. Sebab, belum banyak penelitian modern yang mendalam tentangnya.

Di sisi lain, Journal of Dairy Science,  telah mengembangkan akar jahe dalam olahan susu untuk meningkatkan fungsi kognitif, tetapi penelitian ini masih terbatas hanya pada susu. Sedangkan, jika ditambahkan pada makanan atau minuman lainnya masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

  1. Efek Anti-Inflamasi
Photo by engin akyurt on Unsplash

Kandungan ginsenosides pada akar ginseng dapat memberikan efek anti-inflamasi, karena menguatkan sistem kekebalan tubuh, seperti yang ditunjukkan dari hasil percobaan dalam Journal of Translational Medicine. Sehingga, akar ginseng sering digunakan untuk mengobati sakit peradangan.

  1. Mengobati Disfungsi Ereksi

Pernah dilakukan penelitian di Korea pada tahun 2002, bahwa 60 persen pria penderita disfungsi ereksi yang menjadi responden, mengalami hasil yang baik setelah mengkonsumsi ginseng, diwartakan medicalnewstoday.com. Penelitian yang dimuat dalam British Journal of Clinical Pharmacology juga menunjukkan hasil yang serupa, yaitu ginseng merah terbukti efektif mengobati disfungsi ereksi.

Namun, studi terakhir menunjukkan bahwa ginseng merah kurang memuaskan untuk mengobati disfungsi ereksi, baik ditinjau dari kualitas metode eksperimen dan ukuran sampel total serta jumlah percobaan. Oleh karena itu, diperlukan penelitian mendalam untuk mengetahui kemampuan ginseng merah dalam mengobati disfungsi ereksi.

  1. Mencegah Flu

Sejak zaman dahulu, ekstrak ginseng memang sudah diyakini kemanjurannya untuk mencegah tubuh dari sakit flu. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa ginseng mampu menyembuhkan sel-sel di paru-paru dari infeksi virus influenza.

Sayangnya, masih banyak penelitian yang menyimpulkan bahwa ginseng tidak berpengaruh secara signifikan untuk mencegah tubuh dari virus influenza. Oleh sebab itu, dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikannya.

  1. Menurunkan Gula Darah

Mengutip medicalnewstoday.com, beberapa penelitian menunjukkan bahwa ginseng mampu menurunkan gula darah serta membantu mengobati diabetes. Hal itu, lantaran kandungan ginsenosides membantu produksi insulin di pankreas. Namun, dimasukkannya ginseng ke dalam ramuan obat-obatan diabetes, perlu diteliti lebih dalam lagi agar dapat ditentukan dosis yang efektif.

Manfaat Daun Ginseng untuk Kesehatan

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, selain akarnya ternyata daun ginseng juga memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan. Nah, inilah manfaat daun ginseng diantaranya:

  1. Membantu Menjaga Kesehatan Hati

Tidak hanya mampu melancarkan ASI, ternyata saponin pada daun ginseng juga merupakan senyawa penting untuk membantu menjaga kesehatan organ hati. Sebab, senyawa itu mampu menjaga hati dari kerusakan dengan menetralkan berbagai racun yang menyerang tubuh. Sehingga, kemampuan sel hati untuk beregenerasi menjadi meningkat.

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Lantaran daun ginseng termasuk daun yang berserat tinggi serta kaya akan antioksidan. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, sekaligus membantu proses pembakaran lemak. Sehingga, daun ginseng dapat menjadi pilihan makanan untuk menurunkan berat badan.

  1. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sterol yang berfungsi membantu melancarkan sirkulasi darah, ternyata terkandung dalam daun ginseng. Tentu, dengan manfaat itu, maka daun ginseng sangat disarankan untuk dikonsumsi rutin. Karena tidak lancarnya aliran darah dapat memicu berbagai penyakit, dan setiap orang berpotensi mengalaminya jika pola hidupnya tidak sehat.

  1. Menjaga Kebugaran Tubuh

Kaya akan antioksidan dan juga vitamin B, daun ginseng dapat menjadi sumber energi bagi tubuh. Terutama, bagi yang berolahraga berat dan banyak beraktivitas, daun ginseng bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel pada ligamen atau otot yang rusak serta mengatasi kelelahan.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Sebagaimana manfaat antioksidan, daun ginseng sangat baik membantu tubuh menangkal radikal bebas, sehingga daun ginseng dapat menjadi pilihan bahan makanan yang sehat.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tentunya kandungan antioksidan pada daun ginseng juga baik untuk kesehatan kulit. Bahkan, jika dikonsumsi rutin, daun ginseng membantu kulit terhindar dari penuaan dini.

  1. Mampu Melancarkan ASI (Air Susu Ibu)

Kandungan saponin pada daun ginseng baik bagi para ibu yang sedang menyusui, karena kandungan itu dapat membantu melancarkan ASI. Bahkan disarankan untuk dikonsumsi secara rutin, baik langsung atau ditambahkan ke dalam makanan atau minuman.

  1. Baik untuk Meningkatkan Vitalitas

Salah satu manfaat daun ginseng bagi wanita dewasa bahkan juga pria adalah membantu meningkatkan vitalitas ketika berhubungan intim. Sebab, kualitas vitalitas wanita maupun pria, dapat disebabkan oleh faktor makanan.

Daun Ginseng Sebagai Sayur

Melansir cookpad.com, terdapat 163 resep daun gingseng yang dapat diolah menjadi makanan tumis, berkuah, hingga krispi, dan bahkan dapat dimanfaatkan juga menjadi minuman. Memang, meski banyak yang masih asing dengan masakan daun gingseng, tetapi ternyata jika diolah menjadi masakan, rasanya tidak kalah lezat dengan sayuran yang lain.

Menurut merdeka.com, bahkan daun gingseng juga bisa dijadikan pilihan masakan sayuran yang kaya nutrisi. Sebab, selain mengandung vitaman B dan A, daun ginseng juga kaya akan antioksidan flavonoid dan sterol. Adapun dalam penyajiannya, daun gingseng ternyata sudah umum dilahap dengan dicocol sambal petis, seperti yang dilakukan masyarakat di wilayah Jawa.

Penutup

Demikian ulasan sinautani.com mengenai manfaat ginseng mulai dari akar hingga daunnya. Tentunya bagi Sobat Tani, daun ginseng juga dapat menjadi pilihan sayuran untuk menjaga kesehatan tubuh. Selamat menikmatinya, dan semoga ulasan ini bermanfaat.

---------------------

Tulisan Terkait

husentani

Recent Posts

Inilah 7 Jenis Apel yang Mudah Diperoleh di Indonesia

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing lagi dengan buah apel ya. Pasalnya, selain enak dan bergizi, buah satu ini juga…

2 minggu ago

11 Manfaat Kesehatan yang dimiliki Bawang Dayak

Halo Sobat Tani, pernah dengar bawang dayak? Mungkin banyak yang masih asing dengan bawang satu ini ya. Karena memang, untuk…

3 minggu ago

9 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halo Sobat Tani, tahukah Extra Virgin Olive Oil (EVOO)? Minyak yang didapat dari buah zaitun ini diyakini sebagai minyak paling…

3 minggu ago

6 Olahan Kangkung untuk Konsumsi Sehari-hari

Halo Sobat Tani, siapa yang suka makan kangkung? Sayuran satu ini banyak disukai orang-orang lantaran rasanya yang lezat. Selain itu…

4 minggu ago

8 Manfaat Tepung Maizena Selain untuk Memasak, Apa saja?

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing dengan tepung maizena ya? Tepung berbahan dasar sari pati jagung ini biasanya dimanfaatkan sebagai…

1 bulan ago

10 Pilihan Makanan untuk Kebutuhan Karbohidrat Tubuh

Halo Sobat Tani, seringnya kalau berbicara karbohidrat identik dengan nasi ya. Karena memang, di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok untuk…

1 bulan ago