Halo Sobat Tani, mestinya pernah mengkonsumsi seledri kan? Sayuran ini tak hanya mudah didapat, tapi juga sering kita lahap di banyak hidangan khas Nusantara. Ditambah lagi, sebagai sayuran, selain kaya kandungan gizi, seledri juga mudah diolah ke berbagai jenis makanan, dari yang berkuah hingga oseng-osengan. Nah, kali ini sinautani.com akan mengulas seledri yang diolah menjadi minuman jus. Penasaran kan? mari simak ulasannya berikut ini.

Asal-usul Tanaman Seledri

Bernama latin Apium graveolens L, seledri diduga telah ada sejak 1.000 tahun yang lalu, tumbuh liar di dataran Asia, dalam buku “Bertanam Seledri” karangan Rahmat Rukmana. Mulanya, ekspedisi para ahli botani Soviet yang dikepalai Nikolai Ivanovich Vavilov (1887-1942) ke beberapa wilayah di Uni Soviet, Amerika Selatan, Eropa, Afrika, dan Asia, menemukan seledri di daratan Asia, tepatnya di Mediterania sekitar Laut Tengah.

Dalam perkembangannya, seledri kemudian banyak dibudidayakan di berbagai wilayah di dunia, setelah rintisan budidaya besar-besaran di Taiwan. Saking banyaknya, bahkan pada tahun 1954, hasil produksi seledri mencapai 13.000 Metrik Ton (MT), kemudian makin banyak pada tahun 1963, sebanyak 16.282 MT.

Sementara, mulai masuknya seledri ke Indonesia kapan waktunya, belum ada yang dapat memastikannya. Namun demikian, menurut Rukmana, kemungkinan besar seledri masuk bersama tanaman-tanaman bernilai ekonomis yang dikenalkan oleh orang-orang Spanyol dan Portugis dulu.

Celery Stick Juice

Celery stick juice, photo by Monika Grabkowska on Unsplash

Celery stick juice, atau dialihbahasakan ke bahasa Indonesia menjadi jus batang seledri, belum lama ini banyak dibincangkan banyak orang, khususnya warganet. Sebab, Anthony William, penulis buku ternama seputar kesehatan berkebangsaan Inggris ini mempopulerkan khasiat jus batang seledri lewat Medical Medium.

Mulanya, ia memberitahukan kebiasaanya mengkonsumsi jus batang seledri sejak tahun 1975, lantaran menurutnya jus ini merupakan movement untuk healing remedy.

Sehingga, karena itu, selain mempertahankan kebiasan meminum jus batang seledri hingga sekarang, Anthony juga terinspirasi membagikan pengalamannya tersebut. Bahkan, menurutnya, jika rutin mengkonsumsi jus batang seledri akan berdampak baik sekali bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah menyembuhkan banyak penyakit.

Viral Celery Stick Juice Challenge

Berdasarkan pengalaman Anthony itu, di awal tahun 2019, celery stick juice challenge viral di instagram. Dan, Anthony sendiri yang mempeloporinya dengan memberikan tantangan untuk mengkonsumsi jus batang seledri selama lima hari berturut-turut, lewat hastag #celeryjuice dan #celeryjuicebenefit.

Tak berselang lama, banyak warganet yang mengikuti tantangan tersebut, sekaligus turut mengunggah manfaat setelah mengikuti tantang tersebut, dengan foto before-after. Mulai dari menunjukkan manfaatnya untuk kulit hingga berat badan. Karenanya, mengkonsumsi jus batang seledri menjadi healthy lifestyle baru.

Bahkan, Goop, situs kesehatan milik Gwyneth Paltrow, ikut mewartakan healthy lifestyle baru ini. Tak ketinggalan, masyarakat Indonesia, baik dari kalangan selebriti, influencer, hingga orang-orang biasa juga ikut beralih mengkonsumsi jus batang seledri secara rutin.

Batang Seledri Kaya Kandungan Nutrisi

Batang seledri, photo by Kelly Sikkema on Unsplash

Berukuran cukup besar, batang seledri sejatinya memang pas diolah menjadi jus, ketimbang bagian tumbuhan seledri lainnya. Dan, soal rasa, memang menurut kebanyakan orang, jus seledri tidak begitu enak. Apalagi jika ditambahkan susu dan gula. Namun, karena itulah, murni tanpa pemanis apapun, jus batang seledri menyehatkan bila dikonsumsi rutin.

Bahkan, kandungan nutrisi dan manfaat yang ada pada batang seledri pun ada banyak sekali. Misalnya saja, kandungan nutrisi fenolik yang tinggi, yang mampu melindungi sel tubuh dari senyawa-senyawa berbahaya, sehingga jus batang seledri juga berfungsi sebagai anti-inflamasi. Lalu, kandungan flavanoid dan vitamin C di dalamnya pun tak kalah banyak, karenanya jus batang seledri juga dikenal mengandung antioksidan yang tinggi.

Manfaat Celery Stick Juice

Lantas, setelah mengetahui banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki batang seledri, tentunya membuat kita makin penasaran kan, sebenarnaya apa aja sih manfaat celery stick juice? Okey, berikut ini diantaranya:

  1. Kaya antioksidan

Batang seledri ternyata kaya kandungan antioksidan, photo by Sophie Mikat on Unsplash

Banyaknya kandungan beta karoten, vitamin C, flavanoid, dan senyawa antioksidan lainnya dalam batang seledri membuatnya dikenal sebagai sumber antioksidan. Tentunya, hal tersebut amat dibutuhkan tubuh, lantaran polusi udara yang makin hari makin memburuk serta pola hidup yang tidak sehat membuat tubuh rentan terserang radikal bebas. Sehingga, untuk memenuhi kebutuhan antioksidan tubuh, maka batang seledri dapat menjadi pilihan. Karena memang buah-buahan dan sayuran merupakan sumber utama antioksidan.

  1. Membantu melancarkan sistem pencernaan

Diyakini sejak lama bahwa batang seledri mampu meningkatkan produksi mukus untuk mencegah penyakit ulkus, dan meningkatkan sirkulasi darah pada usus serta meredakan kembung. Sebab, kandungan antioksidan dan serat yang tinggi pada batang seledri dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Karenanya, disarankan untuk mengkonsumsi jus batang seledri secara rutin.

  1. Membantu menurunkan tekanan darah

Kandungan kalium yang terdapat pada batang seledri, ternyata sangat bermanfaat membantu tubuh tercegah dari kolesterol jahat dan tekanan darah tinggi. Sehingga, dengan mengkonsumsi jus batang seledri secara rutin, dapat menghindarkan tubuh dari resiko penyakit kardiovaskular dan menurunkan tekanan darah.

  1. Menyembuhkan nyeri sendi

Kandungan anti-inflamasi pada batang dan daun seledri, dipercaya mampu menyembuhkan nyeri sendi. Sebab, di dalamnya mengandung senyawa 3-N-butylphthalide. Karenanya juga, jus batang seledri juga dapat dijadikan obat diuretik untuk menyembuhkan asam urat.

  1. Menurunkan kolesterol

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, batang seledri dipercaya mampu menurunkan kolesterol jahat atau HDL, layaknya sayuran hijau pada umumnya. Sebab, di dalam batang seledri terdapat kandungan senyawa 3-N-butylphthalide. Karenanya, dengan mengkonsumsi jus batang seledri, selain kesehatan tubuh terus terjaga, lantaran kolesterol jahat dan trigliserida dalam tubuh rendah kadarnya.

  1. Baik dikonsumsi untuk diet

Seledri utuh, hanya mengandung satu gram gula per cangkir. Sehingga, kandungannya yang rendah gula itu, mampu menurunkan berat badan. Hal itu pun sudah dibuktikan oleh Sara Joy Madsen, insight coach, dimana berat badannya turun hingga hampir 10 kg hanya dalam hitungan bulan, setelah mengkonsumsi 16 ons jus batang seledri setiap hari.

  1. Membantu menghilangkan jerawat

Jerawat kerap dipicu oleh fluktuasi hormon. Karenanya, jus batang seledri mampu menjaga fluktuasi hormon tersebut, sehingga meminimalisir timbulnya jerawat. Bahkan, karena itu juga, jus batang seledri juga disarankan untuk dikonsumsi bagi kaum hawa beberapa hari sebelum haid. Ditambah lagi, mempunyai kandungan anti-inflamasi, jus batang seledri cukup ampuh membantu menyembuhkan kram perut.

Penutup

Demikianlah ulasan sinautani.com terkait manfaat jus batang seledri. Ternyata, manfaatnya sangat banyak dan telah dirasakan banyak orang. Sehingga, mengkonsumsi jus batang seledri secara rutin, dapat menjadi pilihan healthy lifestyle baru Sobat Tani. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan selamat mencoba ya!

---------------------

Tulisan Terkait

This post was last modified on Agustus 14, 2020 5:41 am