Menghias Rumah Dengan Menanam Kaktus

By
April 27, 2020 5:22 am

Halo Sobat Tani, hayo siapa yang suka memanfaatkan tanaman untuk dekorasi rumah? Memang warna hijaunya tampak cantik dan membuat rumah menjadi lebih berwarna. Nah, buat kamu yang ingin memberi kesan natural di rumah atau tempat kerjamu bisa nih menghiasnya dengan tanaman kaktus. Kali ini sinautani.com  akan mengulik kaktus tanaman penghias rumah. Penasaran? Yuk simak tulisan berikut ini.

Asal Muasal Kaktus

Tanaman satu ini selain estetik dipandang juga bisa hidup di dalam ruangan lho. Bentuknya yang imut dan berukuran minimalis mudah ditempatkan dimana saja.

Konon, tanaman ini diaku sebagai tanaman asli Amerika. Ditemukan pertama kali oleh Christoper Colombus, orang Eropa, ketika menjejakkan kaki disana. Ukurannya mungil dan diselimuti duri-duri halus di sekujur bagiannya membuat tanaman ini pas untuk dijadikan hiasan di rumah. Kemampuannya bertahan hidup tanpa air yang memadai, membuat kaktus dapat tumbuh di gurun pasir. Meski tidak banyak butuh air, tetapi kaktus tetap segar dipandang. Ditambah lagi, perawatannya yang mudah membikin banyak orang menyukainya.

Langkah-langkah Menanam Kaktus

Bila tertarik untuk menanamnya, berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Mulailah dengan membeli kaktus yang masih sehat, yaitu durinya tidak rusak, pertumbuhannya rata alias tidak miring, dan tidak ada bekas lecet.
  2. Kadang kaktus juga dapat ditanam dengan biji atau stek. Sayangnya kedua cara ini terbilang sulit dilakukan. Bahkan menanam dengan biji membutuhkan waktu sangat lama untuk tumbuh, sekitar setahun. Sedangkan dengan stek dibutuh keterampilan untuk melakukannya. Mulai dari pemotongan permukaannya hingga perawataannya untuk kemudian ditanam. Jika salah-salah dalam menanganinya justru akan membuat kaktus menjadi rusak.
  3. Tempatkan kaktus di tempat yang hangat dengan paparan sinar yang cukup. Akan lebih bagus bila mendapat pancaran sinar matahari langsung. Tetapi, ada beberapa jenis kaktus yang akan hangus jika terkena sinar matahari langsung sebelum batangnya mengeras.
  4. Media tanam kaktus berasal dari campuran tanah dengan pupuk kompos. Penggunaan pupuk selama masa tanam sangat penting untuk menghasilkan kaktus dengan kualitas bagus. Tapi, bisa juga diisi dengan zat anorganik seperti perlit untuk meningkatkan drainase dan aerasi. Kemudian pertumbuhannya yang lambat membuat kaktus jarang gonta-ganti pot (repotting).
  5. Sirami kaktus secukupnya jangan terlalu banyak supaya tidak layu dan tetap sehat. Sebab, sebenarnya kaktus bukan tanaman yang membutuhkan air banyak sehingga bila terlalu basah malah dapat membusuk. Bila tanaman mulai membusuk, dapat lakukan stek untuk memulai tanaman baru atau buang seluruhnya.
  6. Meski kaktus termasuk tanaman yang tidak memerlukan perawatan khusus. Tapi, perlu juga untuk merawatnya dengan rajin supaya melindunginya dari hama, seperti kutu, jamur, tungau, atau laba-laba. Bila kaktus sudah terserang hama, maka membersihkannya dengan kapas dan air.

Cukup mudah bukan menanam kaktus?

Manfaat Kaktus

Selanjutnya, ada beberapa hal yang perlu diketahui dari tanaman yang tergolong dalam keluarga Cactaceae ini. Banyak yang meyakini, salah satu alasan dipilihnya kaktus menjadi tanaman hias di dalam rumah karena bermanfaat untuk kesehatan, yaitu untuk membasmi bakteri dalam ruangan. Bahkan, kaktus dipercaya juga mampu mengatasi radiasi dari elektronik, seperti komputer atau laptop.

Selain itu, kaktus memiliki kelebihan khusus dibanding tanaman lain pada umumnya. Ia mampu memfilter udara pada malam hari sehingga membuat udara malam menjadi bersih sekaligus sebagai penyuplai oksigen. Terlebih bila diletakkan di kamar akan sangat membantu untuk mendapatkan tidur yang berkualitas karena suplai oksigen yang banyak akan melancarkan pernapasan.

gravelpitshop.com

Spot Bagus untuk Kaktus

Setelah mengetahui cara menanamnya dan manfaatnya, kurang afdhol kalau belum mengetahui posisi yang pas untuk menempatkan kaktus di dalam rumah. Berikut ini, ada beberapa inspirasi untuk meletakkan kaktus di dalam rumah supaya tampak indah.

  1. Pinggir Jendela

    pexels.com

Ditanam diatas pot keramik warna-warni, tanaman kaktus akan memancarkan keindahannya. Apalagi jika diletakkan di pinggir jendela, selain bagus untuk pertumbuhan kaktus juga membuatnya tampak lebih terang. Cocok untuk mengisi pinggir jendela yang biasanya kosong dari berbagai hiasan.

  1. Sudut Ruang
pinterest.com

Tanaman kaktus yang disusun berjejer dan bertingkat akan kelihatan menarik jika ditempatkan di sudut ruang.  Terlebih, biasanya sudut ruang dibiarkan kosong. Maka akan semakin menarik jika dihias kaktus.

  1. Ruang Keluarga
pinterest.es

Kaktus dengan warna hijaunya memiliki kesan segar. Lebih-lebih bila disusun berjejer dan bertingkat akan tampak semarak. Jika ditempatkan di ruang keluarga maka dapat membuat suasana menjadi lebih segar.

  1. Meja Makan
aliexpress.com

Kaktus juga cocok untuk dijadikan penghias meja makan pada furnitur kayu. Sebab, dapat memberi kesan sejuk dan hangat.

  1. Kamar Tidur
mocka.com

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya kalau kaktus dapat membantu untuk mendapatkan tidur berkualitas. Kaktus juga dapat menghiasi kamar tidur dan membuat mata segar ketika memandangnya setelah bangun tidur.

  1. Samping Cermin
pinterest.com

Disandingkan di samping meja hias, kaktus dapat memberikan kesan estetik. Warnanya yang hijau akan tampak menawan. Terlebih tampilan cermin rias yang biasanya kosong dan polos akan menjadi tampak semarak.

Penutup

Demikian ulasan mengenai tanaman kaktus, dari mulai cara menanam, manfaat, dan inspirasi penempatannya sebagai tanaman hias. Bagi Sobat Tani yang tengah menikmati waktu yang lama di dalam rumah, menghias rumah dengan menanam kaktus dapat menjadi kegiatan yang menarik untuk mengisi waktu luang. Semoga tulisan ini bermanfaat, selamat mencoba!



Baca juga :

This post was last modified on April 27, 2020 5:22 am

husentani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked*