Lompat ke konten

Mengenal Apa Itu Metode PMPO?

Metode PMPO

Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa itu metode PMPO, nah kabarnya nih metode ini selalu digunakan para HRD untuk merekrut karyawan lho. Nah penasaran apa itu metode PMPO? Yuk simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini.

Apa Itu Metode PMPO?

Metode PMPO adalah metode yang diadaptasi dari metode Goodenough Projection Method dengan hasil validasi 0.04 yang memiliki akurasi data sekitar 96% dengan interval realibilitas enam bulan sehingga bisa dipertanggung jawabkan sebagai dasar untuk menentukan metode penanganannya.

Metode PMPO atau Projective Multi-Phases Orientation saat ini sudah banyak digunakan berbagai perusahaan dalam merekrut calon karyawan ataupun untuk melakukan assessment promosi jabatan. Dengan menggunakan metode PMPO, proses rekrutmen ataupun penilaian kinerja karyawan dapat dilakukan secara mudah dan hemat waktu, tanpa harus tatap muka.

Yang menemukan metode PMPO ini yaitu seorang psikolog bernama Eko Budhi Purwanto, dia adalah founder dari Grahita Indonesia. Metode PMPO ini sudah dipatenkan dan sudah mempunyai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) dengan No: 045367 yang dikeluarkan oleh Kemenkumham RI pada tahun 2009.

Metode Pengambilan data yang digunakan

Bahan dasar pengambilan skor dalam metode PMPO atas aspek afektif, kognitif, kepribadian dan psikomotorik menggunakan corak garis dasar. Sedangkan teknik pengambilan data corak garis dasar dilakukan dengan mengubah data gambar testi menjadi data enskripsi digital dengan menggunakan AI (Artificial Intelegence) atau kecerdasan buatan.

Sama dengan tes projektif konvensional, Stimuli ambigu merupakan dasar yang digunakan dalam metode PMPO untuk mengkategorikan data-data psikologis individu.  Data PMPO tidak berasal dari format gambar yang dibuat oleh responden, tetapi dari garis sub skripsi yang berasal dari gambar yang dibuat oleh responden.

Tes Psikologi Online Grahita Indonesia

Bagi kalian yang ingin melakukan tes psikologi, kalian dapat melakukan tes psikologi online di Grahita Indonesia. Grahita Indonesia merupakan salah satu lembaga psikologi terapan yang sudah berdiri sejak lama. Grahita Indonesia sebagai lembaga psikologi terapan pastinya memiliki berbagai layanan yang mumpuni. Layanan yang disediakan oleh Grahita Indonesia antara lainnya yaitu konsultasi online, psikotes, auratic painting, dan pentatonic brain activation.

Kalian dapat datang ke psikolog terdekat untuk melakukan tes psikologi. Tapi akan lebih mudah dan nyaman jika melakukan tes psikologi secara online. Tes psikologi online lebih mudah dilakukan karena memiliki beberapa keunggulan seperti bisa dilakukan dimana saja seperti di rumah, di kafe atau dimanapun kalian sedang berada. Saat ini banyak sekali orang yang melakukan tes psikologi onlone untuk mengetahui tipe psikologi apa yang ada pada dirinya.

Selain tes psikologi online, bagi yang memiliki perusahaan dan ingin melakukan perekrutan dengan menggunakan metode PMPO, Grahita Indonesia juga melayani sertifikasi Assesor PMPO. Sertifikasi ini sangat penting dalam menyelenggarakan perekrutan dengan metode Projective Multi-Phases Orientation


Baca juga :