Manfaat Bawang Putih Tunggal

Walaupun mirip dengan bawang putih biasa, bawang putih tunggal memiliki perbedaan yang sangat mencolok yaitu dari bentuknya. Jika pada umumnya bawang putih biasa tumbuh dalam satu bonggol, berbeda hal dengan bawang putih tunggal yang memiliki bentuk yang bulat dan warna yang lebih putih. Namun dari segi ukuran, fungsi serta manfaatnya sama yakni sama sama digunakan untuk bumbu dapur dalam melezatkan makanan dan memberikan banyak sekali khasiat Kesehatan.

Manfaat Bawang Putih Tunggal Untuk Kesehatan

Seperti bawang putih biasa bawang putih tunggal memiliki kandungan senyawa allicin dan minyak atsiri yang sangat berkhasiat dan bermanfaat. Beberapa manfaat dari bawang putih tunggal adalah sebagai berikut:

Menjaga Tubuh Tetap Sehat

Penyakit memang sangat mudah menginfeksi atau menular kepada seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang menurun atau melemah. Dengan mengonsumsi bawang putih tunggal secara rutin dapat membantu tubuh anda menjadi tetap sehat dan bugar. Bawang putih tunggal memiliki kandungan senyawa yang dapat menjaga tubuh anda dari serangan infeksi virus maupun bakteri.

Menghindari Komplikasi Kehamilan

Teruntuk ibu hamil, bawang putih tunggal juga sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi. Karena memiliki khasiat untuk menghindari adanya komplikasi kehamilan. Melalui kandungan di dalamnya, bawang putih tunggal dapat memaksimalkan kinerja enzim yang dapat menurun saat mengandung

Tidak hanya itu saja, manfaat dari bawang putih tunggal yaitu dapat mengurangi resiko preeklamsia. Untuk dosis yang tepat alangkah baiknya dapat ditanyakan pada dokter kandungan.

Menurunkan Kolesterol Jahat

Senyawa allicin yang terkandung didalam bawang putih tunggal dapat membantu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh. Kadar kolesterol dapat diturunkan hingga 12% jika anda mengonsumsi bawang putih tunggal secara berkala dalam waktu 4 minggu.

Menjaga Daya Ingat

Daya ingat merupakan sebuah memori dan bagian yang krusial dari fungsi kognitif manusia. Kandungan senyawa yang ada pada bawang putih tunggal dapat membantu menjaga kondisi dari kerusakan sel neuron pada otak. Bawang putih tunggal juga dapat menjadi sebuah stimulus pertumbuhan sel neuron

Mencegah Kanker

Bawang putih tunggal juga dapat bermanfaat dalam mencegah kanker, terutama pada kanker yang berhubungan dengan organ usus. Hal ini dikarenakan kandungan organosulfur dapat membantu tubuh dalam proses detoksifikasi

Mencegah Darah Tinggi

Penderita hipertensi juga dapat mempertimbangkan dalam mengonsumsi bawang putih tunggal dengan tujuan untuk menurunkan tekanan darah. Kandungan nitrit oksida dapat membantu relaksasi otot dinding pembuluh darah sehingga dapat mencegah terjadinya peningkatan tekanan darah tinggi

Bagus untuk Rambut dan Kulit

Manfaat yang lain yaitu dapat melindungi kulit dari dampak adanya radikal bebas. Bawang putih tunggal juga dapat mencegah hilangnya kolagen yang dapat membuat kulit menjadi tidak elastis.

Ada juga yang mengatakan bahwa dengan memijatkan ekstrak bawang putih tunggal pada kulit kepala dapat mencegah terjadinya kerontokan rambut.

Mengobati Asma

Bawang putih tunggal memiliki sifat anti peradangan, dan juga dapat mengobati asma. Asma sendiri merupakan salah satu jenis penyakit radang. Cara penggunaannya yaitu dengan menghaluskan bawang putih tunggal selanjutnya dicampur dengan madu dan diminum setelah itu.

Mengatasi Ambeien

Kandungan yang ada pada bawang putih tunggal yaitu allicin yang tinggi. Kandungan allicin yang tinggi dapat berfungsi sebagai anti oksidan dan juga anti bakteri

Untuk penggunannya anda dapat menghaluskan terlebih dahulu bawang putih tunggal dan oleskan disekitar anus. Anda juga dapat mengonsumsi dengan sayuran.

Mengobati Diabetes

Penyakit diabetes tipe 2 akan terjadi pada saat gulah darah seseorang terlalu tinggi. Dan jika tidak dikontrol dengan baik maka dapat menimbulkan penyakit lain. Bawang Putih tunggal memiliki sifat hipoglikemik yang mana dapat menurunkan kadar gula darah. Untuk mengonsumsinya yaitu dengan cara digeprek terlebih dahulu selanjutnya dikunyah.

Menyehatkan Jantung

Bawang putih tunggal dapat melakukan control tekanan darah dan kolesterol. Manfaat yang bisa dirasakan yaitu dapat mengurangi resiko asterosklerosis yaitu sebuah gangguan yang sering terjadi pada jantung.

Menyembuhkan Flu

Khasiat lain dari bawang putih tunggal yaitu dapat menyembuhkan flu, dikarenakan memiliki kandungan yang dapat memperbaiki system imunitas tubuh. Kandungan tersebut antara lain vitamin C, selenium dan sulfur. Senyawa senyawa ini dapat berkhasiat dalam menyembuhkan penyakit flu.

Menyembuhkan Sakit Gigi

Bawang putih tunggal juga memiliki khasiat sebagai antiseptic yang dapat membunuh kuman dari penyebab sakit gigi. Rasa nyeri saat sakit gigi juga dapat diatasi jika anda mengonsumsi bawang putih tunggal dengan cara mengunyahnya. Senyawa allicin yang terdapat didalamnya dapat membunuh kuman maupun bakteri.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Banyak yang berkata bahwasanya dengan aktivitas fisik yang baik seperti olahraga dan mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan berat badan secara maksimal. Hal ini dikarenakan zat yang ada pada bawang putih tunggal dapat membuat tubuh menjadi aktif saat berolahraga dengan lemak cadangan yang mana tersimpan pada otot.

Mengurangi Jerawat

Kandungan anti oksidan yang ada pada bawang putih tunggal dapat menghilangkan serta mencegah adanya jerawat yang timbul. Dikarenakan anti oksidan yang kuat bawang putih tunggal dapat melawan radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan kulit rusak dan memperlambat sembuhnya jerawat.

Mencegah Demensia

Penurunan fungsi otak seperti penurunan daya ingat merupakan salah satu gejala dari penyakit demensia. Kandungan anti oksidan yang ada pada bawang putih tunggal dapat melindungi otak dari sel sel yang rusak dan menua sehingga demensia dapat dihindari

Mengobati Infeksi Paru Paru

Penyebab infeksi paru paru biasanya adalah bakter, kuman dan virus yang berada di paru paru. Bawang Putih Tunggal memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang mana dengan sifat ini dapat mempercepat infeksi paru paru menjadi sembuh. Anda dapat mengonsumsi bawang putih tunggal 2 kali sehari untuk pengobatan.

Demikian manfaat dari bawang putih tunggal yang kami sajikan untuk anda, semoga dapat bermanfaat sebaik mungkin.

Redaksi Sinautani

Redaksi Sinautani

Sinautani adalah media online yang mengulas topik seputar pertanian sepeti budidaya, hama, pupuk, peluang usaha dan sebagainya.

Tulisan Terkait :