Kenali Sea Grapes: 7 Manfaat dan 4 Olahannya

By
Agustus 14, 2020 7:34 am

Halo Sobat Tani, pernah mendengar sea grapes? Atau umibudo? Hmm, nama-nama itu kedengarannya masih asing ya di telinga kita. Karena memang, sea grapes atau umibudo sendiri sebetulnya bukan sayuran asli Indonesia. Namun, sayuran ini kini banyak diminati lho. Lantas, apa sih sea grapes itu? Nah, biar nggak makin penasaran, simak ulasan sinautani.com berikut ini ya!

Asal Usul Sea Grapes

Sea grapes, konon dikenal pertama kali di wilayah Jepang, tepatnya di Okinawa yang terletak di bagian selatan laut Jepang. Oleh karenanya, sea grapes juga dikenal umibudo. Kedua nama itu berasal dari bahasa Inggris dan Jepang, yang mempunyai arti “anggur laut”. Lantaran bentuknya yang menyerupai anggur dan hidup di laut.

Tapi, sea grapes ini berbeda dari buah anggur pada umumnya ya. Sebab, sea grapes merupakan alga berjenis bryopsidale green algae, yang bentuk daunnya seperti bola-bola kecil atau bubble. Biasanya, sea grapes akan tampak tumbuh di bawah permukaan laut.

Sea grapes atau umibudo, gambar dari favy-jp

Bentuknya yang unik dan punya sensasi tersendiri ketika dimakan, membuat banyak orang kepincut saat pertama kali menjajal sea grapes. Apalagi, tak hanya daunnya yang dapat dimakan, tetapi batangnya pun juga dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Tak ayal, banyak yang menggemarinya. Bahkan, sea grapes sendiri sudah mulai dibudidaya di Indonesia, tepatnya di Bali.

Kandungan Nutrisi

Bagi banyak orang, sea grapes dipilih bukan hanya karena bentuk dan rasanya yang unik. Tapi, juga kandungan nutrisinya yang konon banyak. Lantas, apakah betul sea grapes kaya akan kandungan nutrisi? Nah, berikut ini sinautani.com beberkan kandungan nutrisi yang ada dalam 100 gram sea grapes.

  • Lemak 0,1 g.
  • Mangan 0,8 mg.
  • Zat besi 8 mg.
  • Fosfor 10 mg.
  • Magnesium 51 mg.
  • Kalsium 34 mg.
  • Potassium 39 mg.
  • Sodium 330 mg.
  • Biotin 0,001 mg.
  • Folat 0,004 mg.
  • Vitamin A 0,01 mg.
  • Vitamin E 2 mg.
  • Vitamin K 0,035 mg.
  • Iodin 0,08 mg.
  • Copper 0,1 mg.

Manfaat Sea Grapes

Kaya nutrisi tentunya sea grapes juga kaya manfaat. Dan, untuk memperoleh manfaat tersebut, sea grapes dapat dimakan langsung dalam keadaan segar, atau boleh juga dimasak dulu. Nah, untuk itu, berikut ini manfaat yang dimiliki sea grapes:

  1. Meminimalisir resiko terkena hipertensi

Potassium dan kalsium yang ada dalam sea grapes berkhasiat menormalkan tekanan darah bagi penderita darah tinggi, sehingga sistem ekskresi berjalan lancar. Bahkan, hal itu juga berdampak baik untuk mengontrol kadar gula darah dan mencegah komplikasi penyakit poligenik.

  1. Memperkuat tulang

Kandungan kalsium dan beberapa komponen protein, seperti omega 3, dalam sea grapes membuatnya mampu menguatkan tulang. Dan bahkan, juga diyakini mampu meredakan peradangan tulang dan sendi.

  1. Menu diet

Kaya nutrisi apalagi protein nabati, sea grapes dapat menjadi pilihan makanan untuk menu diet. Lantaran, sistem metabolisme tubuh akan berjalan lancar dan mengenyangkan serta rendah kalori. Karena itu, kesehatan pencernaan tetap terjaga dan tubuh pun terhindar dari sembelit.

  1. Anti kanker

Mengandung fucoidan, sea grapes diyakini mempunyai anti kanker yang kuat, sehingga mampu mencegah tubuh dari serangan penyakit kanker. Selain itu, tubuh juga mempunyai sistem imun yang kuat jika mengkonsumsi sea grapes secara teratur.

  1. Anti inflamasi

Salah satu khasiat sea grapes yang tak kalah bagus adalah menyembuhkan peradangan, seperti artritis, nyeri sendi, kemerahan, bengkak, dan nyeri. Sebab, sea grapes diketahui memiliki sifat anti inflamasi. Karenanya, dengan segera menghentikan peradangan, maka akan mencegah tubuh dari resiko penyakit lainnya.

  1. Merawat kesehatan kulit dan rambut

Kulit dan rambut sehat tentunya menjadi idaman semua orang, khususnya kaum hawa. Nah ternyata, sea grapes mampu memproses kolagen dan antioksidan secara efisien sehingga menjaga kelembapan kulit dan menjaga kesehatan kulit kepala melalui regenerasi membran sel. Karenanya, tampilan wajah akan tampak awet muda karena kekenyalan kulit terjaga.

  1. Menjaga kesehatan penglihatan

Mempunyai kandungan vitamin A dan asam lemak tak jenuh, seperti DHA, EPA, AA, ALA, dan LA, sea grapes mampu merawat kesehatan mata dan meningkatkan daya ingat. Bahkan, kandungan asam lemak itu juga mampu mengurangi kolesterol.

Olahan Sea Grapes

Mengkonsumsi sea grapes dalam olahan masakan Jepang, biasanya dimakan dalam keadaan segar. Lantaran bentuknya yang seperti bubble ketika dikunyah akan pecah dengan mengeluarkan rasa asin yang khas nan segar. Tentunya, memakannya demikian mempunyai kekhasan tersendiri.

Namun begitu, tak jarang juga sea grapes dimasak terlebih dahulu tergantung selera. Alhasil, jika hendak mengkonsumsinya, jangan lupa untuk tetap perhatikan kebersihannya, dengan mencucinya dulu mengenakan air bersih dan matang supaya kuman dan bakteri di dalamnya hilang.

Nah, lantas sea grapes biasanya diolah menjadi masakan apa saja sih? Ini dia olahan sea grapes dalam masakan Jepang, diantaranya:

  1. Salad anggur laut
Salad anggur laut segar, gambar dari guadable.co

Sea grapes segar dapat diolah bersama sayuran lainnya menjadi salad. Tentunya, supaya lezat rasanya, perlu ditambahkan sedikit minyak zaitun dan garam.

  1. Selai dan jeli

Di negara asalnya, Jepang, sea grapes ternyata dimanfaatkan menjadi selai dan jeli. Bahkan, dibandingkan varietas lainnya, jeli yang diolah dari sea grapes teksturnya lebih kenyal.

  1. Lalapan sayur

Dilengkapi saus tiram atau saus lada hitam, sea grapes dapat menjadi pilihan lalapan bersama sayuran lainnya. Terutama, ketika tengah menyantap hidangan ikan bakar, goreng, rebus, atau asap, lalapan sea grapes menjadi pelengkap yang lezat. Biasanya sebelum menjadi lalapan, sea grapes akan dikeringkan dulu.

  1. Sushi

Nah, makanan satu ini, sushi, memang merupakan makanan khas Jepang. Ternyata, di Tokyo, ibukota Jepang, sea grapes termasuk salah satu sayuran pelengkap hidangan sushi.

Penutup

Akhirnya, ulasan mengenai sea grapes, mulai dari asal-usulnya, kandungan nutrisi, manfaat, hingga olahannya usai juga. Tentunya, sayuran satu ini sangatlah layak untuk dijadikan pelengkap menu makanan sehari-hari, karena tak hanya lezat, tetapi juga mengandung banyak nutrisi. Dan, tak kalah penting, jangan lupa untuk membersihkannya terlebih dahulu sebelum memakannya dengan air bersih dan matang. Jadi, apakah Sobat Tani tertarik mencobanya?



Baca juga :

This post was last modified on Agustus 14, 2020 7:34 am

husentani