Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing lagi dengan buah apel ya. Pasalnya, selain enak dan bergizi, buah satu ini juga mudah diperoleh. Karena, banyak yang menggemarinya dan banyak dibudidayakan di Indonesia. Tapi, tahukah kalau apel ternyata banyak jenisnya? Pasti pada penasaran ya, ada jenis apel saja yang ada di Indonesia. Makanya, simak ulasan sinautani.com berikut ini ya!

Sekilas tentang Apel

Rasanya yang manis tapi sedikit asam membuat apel banyak disukai orang. Apalagi, tekstur daging buahnya yang berair dan renyah memiliki kepuasan tersendiri ketika melahapnya. Karena memang, kandungan air dalam apel sangat banyak, sekitar 86 persen. Selain itu, banyaknya nutrisi yang terkandung di dalamnya, menjadikannya buah yang pas untuk dikonsumsi rutin, guna menjaga kesehatan tubuh.

Bahkan, karena kandungan antosianin yang ada dalam apel, membuat warna kulitnya didominasi warna merah. Sementara, antosianin itu sendiri merupakan senyawa kimia sejenis fitronutrien yang hanya ada dalam tumbuhan. Dan, kegunaan senyawa kimia ini mampu menjaga kesehatan tubuh, semisal menangkal radikal bebas, mengontrol gula darah, dan mencegah kanker.

Kandungan Nutrisi

Apel segar kaya gizi, gambar dari Pexels

Sudah banyak disinggung kalau apel kaya akan nutrisi. Nah, berikut ini kandungan nutrisi dalam 100 gram apel :
– Kalori 52 kkal
– Lemak 0,2 g
– Karbohidrat 14 g
– Gula 10 g
– Kalium 107 mg
– Natrium 1 mg
– Kolesterol 0 mg
– Serat pangan 2,4 g
– Magnesium 5 mg
– Zat besi 0,1 mg
– Kalsium 6 mg
– Protein 0,3 g
– Vitamin A 54 IU
– Vitamin B12 0 µg
– Vitamin B6 0 mg
– Vitamin C 4,6 mg
– Vitamin D 0 IU

Jenis-jenis Apel

Nah, kini kita masuk ke bagian ragam jenis apel yang ada di Indonesia. Menarik ya, ternyata ada banyak jenis apel yang bisa kita peroleh untuk memenuhi nutrisi tubuh. Dan, ini dia apel-apel tersebut.

1. Apel Fuji

Seperti nama gunung di Jepang, apel fuji memang berasal dari Negeri Sakura. Karena, dulu pada era 1930-an, apel fuji pertama kali dibudidayakan disana, yang dihasilkan dari persilangan antara varietas Ralls Janet dan varietas Red Delicious.

Warna yang unik, merah muda, membuatnya langsung dikenal di dalam negeri Jepang sejak pertama kali dikenalkan. Bahkan, di luar Jepang, seperti di Amerika Serikat, Tiongkok, dan Korea, apel fuji juga langsung populer disana, lantaran rasanya yang enak.

Apalagi, ukurannya yang besar dan teksturnya yang renyah serta rasanya yang manis menjadikan apel fuji enak dimakan mentah segar. Namun, apabila dimakan bersama bahan masakan lainnya, rasanya juga tidak kalah enak, bahkan biasanya apel fuji dijadikan tambahan salad.

2. Apel Ceri

Dari sekian banyak varietas apel, uniknya apel ceri merupakan varietas apel yang paling kecil. Rasanya pun juga beragam dari manis hingga asam, tergantung variasi varietasnya. Makanya, tak jarang diperoleh apel ceri yang rasanya sangat asam.

Menariknya, meski kecil bentuknya, tetapi apel ceri mempunyai tekstur daging buah yang renyah. Karenanya, apel ceri selain enak dimakan mentah segar, juga dapat dimasak terlebih dahulu, seperti dijadikan acar, jeli, dan makanan penutup.

3. Apel Manalagi

Apel manalagi, foto oleh RP Photography dari Pexels

Apel manalagi sebetulnya berasal dari Pegunungan Caucasus di Asia Barat. Namun, kini apel ini sudah banyak dibudidayakan di Batu, Jawa Timur. Bahkan, apel itu telah menjadi komoditi andalan disana yang banyak diproduksi di desa Gandon.

Berbeda dari apel lain yang identik dengan warna merah, apel manalagi justru berwarna hijau kekuningan ketika matang. Lalu, pangkal dan pucuknya yang berlekuk dalam serta buahnya yang bentuknya lonjong menjadi ciri khas apel manalagi.

Untuk itu, selain tampilannya yang menarik, apel manalagi juga memiliki pori kulit buah yang renggang, halus, dan jelas. Bahkan, aroma apel manalagi juga kuat, sehingga apel ini lebih enak dimakan dalam keadaan segar.

4. Apel Jonathan (Apel Anna)

Mungkin banyak yang mengira kalau apel jonathan, atau juga familiar dengan nama apel anna, adalah apel impor. Padahal, apel ini merupakan apel favorit dari Batu, Jawa Timur. Apel lokal ini mempunyai kulit berwarna hijau dan tekstur yang tipis. Selain itu, apel anna juga memiliki ciri khusus, yaitu berbentuk bulat dengan diameter 6 cm, dan kedua ujungnya terdapat lekukan kecil yang dalam.

Berbeda dari apel pada umumnya, apel anna bisa dimakan meski perut masih kosong. Karena, rasa asam dalam apel ini akan menjadi basa, sehingga menyeimbangkan pH dalam lambung. Oleh karenanya, apel anna dapat menjadi hidangan pengganjal perut di pagi hari.

Disamping itu, apel anna mempunyai khasiat yang baik untuk meminimalisir resiko kanker usus jika dikonsumsi rutin. Hal itu karena apel anna mempunyai kandungan serat yang mampu melancarkan pencernaan dalam usus. Selain itu juga apel anna bagus dikonsumsi ibu hamil dan mampu membantu menyembuhkan asma.

5. Apel Royal Gala

Meskipun sangat populer di Amerika Serikat, ternyata apel royal gala berasal dari Selandia Baru. Tapi, apel ini banyak diminati dan mudah diperoleh di Indonesia. Pasalnya, apel royal gala mempunyai rasa yang manis dan tekstur daging buah yang renyah serta kulit buahnya yang tipis.

Apalagi, kulitnya yang berwarna merah muda bercampur sedikit warna kuning cerah bikin apel royal gala menggugah selera makan. Karena itu, apel royal gala lebih disukai anak-anak. Tapi juga tidak kalah enak kalau dimasak karena rasa manisnya yang khas.

6. Apel Granny Smith

Apel granny smith merupakan varietas apel hijau yang berasal dari Australia. Apel hijau ini banyak disukai karena tekstur daging buahnya yang renyah, dan mempunyai rasa manis dan asam yang sangat kuat.

Sementara itu, apel granny smith akan terasa sangat segar kalau dimakan mentah. Sedangkan, apabila dimasak rasanya akan lebih manis. Untuk itu, apel ini biasanya menjadi pelengkap makanan gurih, semisal keju dan bawang.

Selain itu juga apel granny smith juga mempunyai kulit hijau yang menarik untuk menghias hidangan. Namun, apel ini rentan terserang bakteri Listeria monocytogenes yang dapat membahayakan kesehatan.

7. Apel Red Delicious


Apel red delicious, foto oleh Suzy Hazelwood dari Pexels

Bentuknya yang menyerupai hati dan kulit buahnya yang berwarna merah tua bikin apel red delicious tampak menarik. Apalagi, tekstur daging buahnya yang renyah, lembut, dan berair membuat kepincut siapapun yang baru menjajalnya. Sayang, karena daging buahnya yang lunak, apel red delicious tidak dapat dimasak. Karenanya, apel red delicious pasnya dimakan mentah.

Penutup

Nah, setelah kita mengetahui kalau ternyata apel ada banyak jenis. Pastinya, pas banget kalau apel dijadikan pilihan menu makanan sehat kita, karena selain enak juga banyak kandungan gizinya. Jadi, apakah Sobat Tani tertarik mencobanya?

---------------------

Tulisan Terkait

This post was last modified on September 11, 2020 4:01 am