Lompat ke konten

Cara Mempersiapkan Resesi di Tahun 2023

Dengan bisikan terus-menerus seputar kemungkinan resesi tahun 2023, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah merencanakan daripada panik. Dalam posting blog ini, kami akan memandu Anda melalui segala hal mulai dari apa itu resesi, apa yang diharapkan selama penurunan ekonomi, dan cara merencanakan ke depan agar aman secara finansial. Siap? Mari kita bersiap bersama!


Takeaway kunci

  • Persiapan yang baik adalah rahasia untuk mengatasi masa ketidakpastian ekonomi. Apakah kita sedang mengalami resesi atau tidak, orang Kanada dapat belajar bagaimana mempersiapkan keuangan mereka jika terjadi gejolak ekonomi.
  • Dalam artikel ini, kami akan membantu Anda mengidentifikasi berbagai jenis kegiatan ekonomi dan apa yang dapat Anda perkirakan terjadi jika terjadi resesi pada tahun 2023.
  • Kami juga akan mencantumkan 6 cara mengatasi keuangan Anda sebelum memasuki masa resesi.

Apa itu resesi?

Definisi resesi adalah periode penurunan ekonomi suatu negara yang diperpanjang. Ini akan terjadi setidaknya selama 2 kuartal berturut-turut atau berlangsung selama bertahun-tahun. Selama waktu itu, banyak orang berisiko kehilangan pekerjaan, penjualan ritel akan turun, produsen akan mulai memproduksi lebih sedikit untuk mempersiapkan penurunan penjualan dan perekonomian secara keseluruhan akan kesulitan. baca juga : Kampus terbaik di jakarta.

Apa yang menyebabkan resesi?

Resesi dianggap oleh banyak ekonom sebagai bagian alami dari siklus keuangan suatu negara dan dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti:

  • Peristiwa tak terduga – seperti pandemi Covid-19
  • Ketidakmampuan untuk membayar hutang – tingkat bunga tinggi
  • Pertumbuhan aset yang tidak realistis dan tiba-tiba – seperti gelembung dot-com
  • Perubahan industri atau teknologi – seperti revolusi industri
  • Kenaikan harga secara tiba-tiba – inflasi
  • Tiba-tiba penurunan harga – deflasi

Apakah Kanada dalam resesi sekarang?

Ekonom di bank terbesar Kanada setuju pada fakta bahwa Kanada sedang menuju resesi paling cepat pada kuartal pertama tahun 2023. Pakar keuangan memperkirakan ekonomi akan semakin melambat dan secara teknis memasuki resesi ringan pada paruh pertama tahun 2023.

Resesi vs. Depresi: Apa bedanya?

Resesi dan depresi adalah 2 jenis aktivitas ekonomi berbeda yang mempengaruhi ekonomi nasional dengan cara yang sama – keduanya berarti harga rendah, tingkat pengangguran tinggi, dan penurunan aktivitas konsumen, tetapi dalam depresi, itu terjadi dalam jangka waktu yang lebih lama. Depresi dapat berlangsung puluhan tahun seperti Depresi Hebat, yang berlangsung selama 10 tahun dari tahun 1929 hingga 1939.

Resesi vs. Stagflasi: Apa Bedanya?

Seperti disebutkan sebelumnya, resesi adalah saat ekonomi memasuki fase penurunan setidaknya selama 2 kuartal berturut-turut. Sebaliknya, stagflasi terjadi ketika ada resesi yang dikombinasikan dengan inflasi. Meskipun 2 ini agak kontradiktif, ini mungkin terjadi pada ekonomi ketika ada perubahan drastis dalam harga komoditas dan kebijakan ekonomi.

Apa yang dapat Anda harapkan di Kanada selama resesi?

Beberapa indikator yang diharapkan selama resesi adalah penurunan penjualan konsumen, yang pada gilirannya akan menyebabkan lebih banyak pemutusan hubungan kerja, hilangnya kepercayaan pada ekonomi, dan penurunan investasi yang signifikan di negara tersebut. Selama resesi, perusahaan akan mulai mengurangi jam kerja serta menghentikan perekrutan baru dan memberhentikan staf. Orang-orang akan berhenti berbelanja dan mulai menggunakan tabungan mereka (jika ada) untuk membayar kebutuhan pokok. Karena harga-harga ini terus meningkat, ekonomi akan semakin melambat.

Dalam 50 tahun terakhir saja, orang Kanada telah mengalami 6 kali resesi.

Resesi merupakan tantangan bagi semua orang, tetapi ada cara untuk mempersiapkannya. Mari kita membahas cara-cara itu sekarang.

Bagaimana merencanakan resesi Kanada 2023

Dengan kemungkinan resesi yang akan terjadi dalam beberapa bulan ke depan, berikut adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk melindungi keuangan Anda.

Kurangi pengeluaran Anda

Pertama, Anda ingin mengurangi pengeluaran Anda. Tahan pembelian besar apa pun seperti rumah, mobil mahal, liburan yang akan datang, atau barang-barang yang tidak penting. Juga pertimbangkan pengeluaran Anda yang lebih kecil dan setiap hari yang bertambah di akhir bulan seperti langganan atau keanggotaan apa pun yang tidak Anda gunakan, potong makan siang atau hiburan yang dibeli di toko. baca juga :  Universitas swasta unggulan.

Kurangi utang Anda

Untuk mulai mengurangi hutang Anda, Anda pasti ingin melihat semua laporan bank Anda, laporan kredit dan kartu toko, pinjaman mahasiswa dan mendapatkan gambaran yang tepat tentang hutang Anda saat ini. Kemudian buatlah rencana untuk melunasinya secepat mungkin. Semakin lama resesi berlangsung, semakin tinggi suku bunga akan naik sehingga Anda ingin memulainya sekarang.

Tingkatkan skor kredit Anda

Ini adalah sesuatu yang harus Anda perjuangkan setiap saat sepanjang tahun. Pastikan untuk membayar pembayaran minimum tepat waktu dan jaga penggunaan kartu Anda tetap rendah untuk meningkatkan skor kredit Anda.

Tingkatkan dana darurat Anda

Mulailah membuat dana darurat sesegera mungkin karena pengangguran yang tinggi adalah salah satu efek langsung dari resesi. Anda pasti ingin menyimpan cukup uang untuk memenuhi kebutuhan dasar, perumahan, dan makanan jika Anda kehilangan pekerjaan atau perusahaan Anda mengurangi jam kerja Anda.

Perkuat resume Anda & perluas keterampilan Anda

Menjadi lebih bisa disewa oleh pemberi kerja potensial jika Anda kehilangan pekerjaan Anda saat ini. Pelajari keterampilan baru agar pekerjaan Anda saat ini menjadi lebih berharga dalam tim Anda atau jika atasan Anda saat ini ingin mengurangi tenaga kerja. Jadikan diri Anda diinginkan oleh perusahaan dengan keterampilan berpikir. Mulai terhubung di platform profesional seperti LinkedIn dan tambahkan keterampilan baru apa pun ke resume Anda.

Tetap berinvestasi & diversifikasi

Pertahankan investasi Anda meskipun pasar tampak bergejolak. Penting untuk dipahami bahwa jika Anda memiliki investasi, volatilitas pasar adalah normal dan di luar kendali Anda. Selain itu, portofolio yang terdiversifikasi diketahui berkinerja lebih baik dalam jangka panjang dan juga berkinerja lebih baik dalam waktu yang tidak pasti.


Baca juga :