Cara Membuat Pupuk Hidroponik

Apakah anda ingin memulai bertanam hidroponik? pastinya anda harus mempersiapkan nutrisi atau pupuk dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan tanaman. Akan tetapi harga dari pupuk untuk hidroponik atau yang sering disebut dengan AB mix harganya cukup mahal, akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena Sinau Tani kali ini akan membahas bagaimana cara membuat pupuk AB Mix.

Memiliki tanaman hidroponik sangatlah menyenangkan. Dari penggunaannya yang mudah dan praktis, menggunakan hidroponik memiliki manfaat dalam penggunaan lahan yang sempit untuk mendapat hasil pemanenan yang maksimal. Pastinya, bertanam hidroponik sangat cocok dan tepat untuk kita yang kesehariannya hidup di Perkotaan ataupun di perkampungan yang relative padat penduduk dimana lahan untuk pertanian sangatlah langka.

Hampir tidak ada bedanya nutrisi tanaman yang ditanam secara langsung dengan media tanah maupun dengan metode hidroponik. Baik media dimedia air yang bernutrisi maupun ditanah sama sama membutuhkan unsur hara makro dan mikro yang cukup.

Kombinasi Nutrisi Pupuk AB Mix

Untuk mencukupi kebutuhan N, P, K, Ca, Mg, S, Fe, Zn dan unsur hara lainnya untuk tanaman di Hidroponik sebenarnya banyak sekali sumber yang bisa didapatkan. Salah satu sumbernya yaitu kita dapat membuatnya dengan mengkombinasikan pupuk anorganik dengan pupuk cair organic (POC) yang memiliki kandungan unsur hara makro dan mikro.

Dalam mengaplikasikan pupuk hasil buatan sendiri harus menggunakan cara yang tepat. Dikarenakan, tanaman hidroponik hanya hidup didalam media yang terbatas, maka dari itu sangatlah penting tingkat kepekatan pupuk yang akan diberikan harus terukur.

Biasannya dalam mengukur konsentrasi jumlah pupuk hidroponik kita dapat menggunakan TDS meter. Alat ini dapat membaca tingkat nilai kepekatan pupuk yaitu dalam satuan ppm ( part per million ).

Racikan pupuk hidroponik

Untuk membuat pupuk hidroponik sendiri sangatlah mudah, ada beberapa opsi dalam membuat pupuk hidroponik dan sangat mudah untuk diracik sendiri antara lainnya yaitu :

· NPK+ Gandasil + KCL

· NPK + POC (Pupuk Organik Cair)

· Pupuk Tunggal ( Urea, KCL, SP-36) + Gandasil

· Pupuk Tunggal ( Urea, KCL, SP-36) + POC (Pupuk Organik Cair)

Bahkan dalam pembuatan pupuk hidroponik dapat dikombinasikan hanya dengan beberapa POC/MOL saja. Tapi kali ini Sinau Tani akan berbagi dengan menggunakan satu alternatif dalam membuat pupuk hidroponik yaitu dengan pencampuran NPK dengan POC (Pupuk Organik Cair).

Sedangkan POC yang digunakan yaitu dengan kombinasi POC atau MOL (mikroorganisme lokal) bonggol pisang dan POC dari ampas kopi.

Alat dan Bahan

Untuk membuat pupuk hidroponik kebutuhan tanaman sayuran harus dengan kepekatan kurang lebih 1000 ppm. Sangatlah mudah untuk meramunya, berikut ini merupakan alat dan bahan yang harus anda siapkan antara lainnya yaitu

Alat

· Gayung

· Pengaduk

· TDS Meter

· Sendok Makan

· Ember

Bahan

· POC Bonggol pisang

· Pupuk NPK ( 16:16:16)

· POC Ampas Kopi

Jika tidak ada kedua POC tersebut cukup gunakan salah satu POC saja

Langkah Pembuatan Pupuk Hidroponik

Untuk membuat pupuk hidroponik terdapat 5 langkah yang harus anda lakukan antara lainnya yaitu

· Langkah 1 : Masukan air sumur kedalam ember sebanyak 10 liter, usahakan air sumur yang diambil benar-benar bersih serta bebas dari kekeruhan serta partikel lumpur. Jika anda menggunakan air dari PAM maka air itu harus diendapkan selama 24 jam

· Langkah 2 : Selanjutnya larutkanlah 1 sdm pupuk NPK dengan cara terpisah dan tuang ke dalam ember. Atau dapat juga hanya dengan memasukan 1 sdm NPK ke dalam ember selanjutnya di aduk hingga terlarut kedalam air.

· Langkah 3: Siapkan 100 ml POC / MOL bonggol pisang dan masukan ke dalam ember yang sudah terisi dengan larutan NPK dan selanjutnya aduk hingga merata.

· Langkah 4 : Masukanlah 100 ml POC ampas kopi ke dalam ember dan aduklah hingga terlarut dan merata.

· Langkah 5: Ukurlah kepekatan pupuk menggunakan TDS meter hingga angka menunjukan 1000 ppm. Jika angka sudah tepat, maka pupuk hidroponik yang anda buat sudah siap digunakan.

Itulah cara dalam pembuatan pupuk hidroponik dari Sinau Tani yang dapat dijadikan alternatif dari AB Mix agar dapat menunjang nutrisi tanaman hidroponik serta pertumbahannya.

Redaksi Sinautani

Redaksi Sinautani

Sinautani adalah media online yang mengulas topik seputar pertanian sepeti budidaya, hama, pupuk, peluang usaha dan sebagainya.

Tulisan Terkait :