Lompat ke konten

Apa yang Harus Dilakukan Jika Teman Remaja Anda Menggunakan Narkoba

Ketika anak-anak memasuki masa remaja, mereka cenderung lebih tertarik pada teman. Seringkali, kemandirian yang tumbuh ini dikaitkan dengan akting dan perilaku negatif lainnya. Dalam kasus terburuk, masa remaja dapat dipenuhi dengan penggunaan narkoba dan alkohol.

Semakin dini remaja menggunakan narkoba, semakin buruk dampaknya terhadap kehidupan dan kesehatan mereka. Sangat mudah untuk menyalahkan teman-teman mereka, tetapi kenyataannya adalah bahwa remaja tertarik pada orang lain dengan minat yang sama.

mengutip dari kompas, Inilah yang dapat Anda lakukan jika teman remaja Anda menggunakan narkoba.

Bicara Tentang Narkoba Sejak Dini

Jangan menunggu sampai Anda melihat tanda-tanda penggunaan narkoba sebelum membahas topik tersebut dengan anak Anda. Mulailah pembicaraan tentang narkoba sejak dini. Sejak usia muda, diskusikan obat resep dan bagaimana mereka dapat membantu orang, penggunaan obat yang pantas vs tidak pantas, dan bahaya penggunaan narkoba. Lakukan percakapan yang jujur, tanpa melebih-lebihkan.

Seiring bertambahnya usia anak Anda, jelaskan aturan yang Anda miliki terkait penggunaan narkoba dan alkohol. Sayangnya, lebih banyak remaja melaporkan hukuman untuk nilai daripada penggunaan narkoba. Jelaskan apa konsekuensi dari penggunaan narkoba.

Menjaga Anak Dari Pengaruh Teman

Remaja cenderung tertarik pada orang lain dengan minat dan nilai yang sama, tetapi banyak anak berubah drastis saat memasuki sekolah menengah. Teman-teman yang dimiliki anak remaja Anda di sekolah menengah mungkin mulai menempuh jalan yang salah, dan dalam upaya untuk tetap berteman, anak-anak yang baik dapat terjerumus ke dalam perilaku yang buruk.

Anda mungkin tergoda untuk mencoba melarang anak remaja Anda dari teman-teman tertentu atau terus-menerus mengemukakan hal-hal negatif dari teman-teman itu, tetapi itu tidak akan membantu. Mencoba mengendalikan persahabatan anak Anda hanya akan membuat mereka mendorong Anda menjauh. Untuk membantu anak remaja Anda membuat keputusan yang bertanggung jawab dan menghindari pengaruh negatif teman, diskusikan masalah ini sejak dini. Bicara tentang apa yang membuat teman baik, cara mengatakan tidak kepada teman, dan cara mendapatkan teman baru. Libatkan anak remaja Anda dalam kegiatan positif lainnya (olahraga, menjadi sukarelawan, kelompok gereja, hobi lainnya) sehingga fokus dan waktu mereka mengarah pada sesuatu yang positif.

Mengetahui teman remaja Anda menggunakan narkoba atau minum alkohol bisa mengkhawatirkan. Tentu saja, Anda tidak ingin anak Anda menempuh jalan yang buruk. Hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memulai percakapan dan pendidikan tentang narkoba sejak dini dan menetapkan batasan Anda sebelum Anda berurusan dengan teman-teman yang menggunakan narkoba. Ajari anak Anda cara menangani tekanan teman sebaya, dan bantu mereka terlibat dalam kegiatan yang bermanfaat.


Baca juga :