Lompat ke konten

4 Tips Belajar Al-Qur’an untuk Anak

tk islam bintaro

Karena orang tua memiliki tanggung jawab untuk mengajari anak-anak mereka apa yang baik dan bermanfaat bagi mereka, Banyak keluarga Muslim di seluruh dunia menempatkan pembelajaran Quran untuk anak-anak sebagai prioritas dan mencoba yang terbaik untuk belajar bagaimana membuat Quran untuk anak-anak mudah dan menyenangkan .

Mengajarkan Al-Qur’an untuk anak-anak dianggap sebagai investasi terbaik yang dapat dilakukan orang tua untuk anak-anak mereka karena mempelajari Al-Qur’an sebenarnya berarti memiliki pedoman hidup yang lengkap untuk seluruh umat manusia.

Ketika berbicara tentang cara mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak, banyak orang tua yang merasa bingung karena mereka tidak tahu harus mulai dari apa untuk mencapai tujuan pengajaran Al-Qur’an dengan benar dan menanamkan cinta itu di hati mereka. anda bisa menyekolahkan anak anda ke TK Islam di Bintaro untuk mendapatkan edukasi islam sejak dini.

Berikut adalah panduan langkah demi langkah tentang cara membaca Al-Qur’an Bahasa Arab dan beberapa tips belajar Al-Qur’an untuk anak-anak yang dapat menunjukkan kepada Anda cara mengajarkan Al-Qur’an kepada pemula dan membuat proses belajar jauh lebih efektif:

1- Mulailah dengan Dasar-dasar:

Untuk mempelajari bacaan Al-Qur’an dengan Tajwid, kita harus memperhatikan dasar-dasar dan waktu seperti abjad Arab dan cara membaca kata dan kalimat lengkap.

Langkah pertama belajar membaca Al-Qur’an dengan benar membutuhkan penguasaan dasar-dasarnya terlebih dahulu seperti huruf Arab dengan bentuk yang terhubung, Sukoon, Shaddah, Tanween … dll.

2- Pergi ke Mengajar Tajwid untuk Anak-Anak:

Tepat setelah itu, secara bertahap ajari anak Anda cara membaca Al-Qur’an dengan cara yang benar; cara membacanya seperti yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW. Pengajaran Tajwid untuk anak-anak membuat mereka belajar pengucapan yang benar dari setiap huruf dan aturan bacaan Quran lainnya dengan cara yang benar. anda bisa mendaftarkan anak anda ke TK Islam di Bintaro untuk mendapatkan pendidikan allquran sejak dini.

Tips belajar Quran untuk anak-anak dan cara mengajarkan Quran membutuhkan kesabaran tetapi sangat mencerahkan dan bermanfaat karena setiap Ayah yang dibacakan dihitung sebagai sepuluh perbuatan baik! Selain itu, Nabi Muhammad bersabda: “Sebaik-baik kamu (Muslim) adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (Sahih Al-Bukhari)

3- Saatnya Teknik Menghafal Al -Qur’an dan Program Hifz :

Setelah menyelesaikan kursus Tajwid , Anda sekarang dapat melanjutkan dan memulai perjalanan menghafal Quran untuk anak-anak. Untungnya, Anda dapat menemukan banyak program Hifz di internet dan para tutor akan memberi Anda berbagai tips untuk menghafal Quran secara efektif. Cara mudah untuk menghafal Al-Qur’an adalah memulai dengan Surat-surat pendek dan mudah untuk dihafal dan kemudian dilanjutkan dengan surat-surat yang panjang.

Secara keseluruhan, kita semua harus menjadikan pengajaran Al-Qur’an kepada anak-anak sebagai prioritas karena kita bertanggung jawab untuk membimbing mereka ke jalan yang lurus karena anak-anak hari ini adalah pemimpin masa depan dalam komunitas Muslim kita.


Baca juga :