Categories: SERBA-SERBI

10 Jenis Pisang di Indonesia yang Kaya Manfaat

Halo Sobat Tani, kali ini sinautani.com akan mengulas ragam jenis pisang yang kaya manfaat. Tentunya, jenis-jenis pisang tersebut mudah kita temukan di sekeliling kita. Memang, buah satu ini selain banyak jenisnya, juga mudah berbuah di daerah beriklim tropis, dan harganya juga terjangkau untuk berbagai kalangan. Langsung aja, yuk kita simak ulasannya berikut ini!

Kandungan Nutrisi yang Melimpah

Sebagai buah, pisang banyak diburu masyarakat karena kandungan nutrisinya yang melimpah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Meski jenisnya beragam, tetapi banyak yang meyakini kalau pisang pada umumnya baik dikonsumsi untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker paru-paru, dan penyakit lainnya. Malah, ada juga yang menjadikannya sebagai pengantar untuk menelan obat, seperti tablet dan kapsul.

Sayangnya, terkadang informasi tentang manfaat pisang malah membingungkan masyarakat. Sebab, pada tahun 1917, Journal of American Medical Association menerbitkan sebuah artikel yang menyebutkan bahwa nilai gizi yang dikandung pisang menyebabkan gangguan perncernaan dan mengandung komponen berbahaya.

Tetapi, kemudian dalam perkembangannya, pisang pada awal abad ke-20 oleh American Medical Association disetujui sebagai makanan kesehatan untuk anak-anak sekaligus obat untuk penyakit celiac. Lantaran pisang mengandung beberapa nutrisi yang dibutuhkan tubuh, diantaranya vitamin B6, serat, kalium, Magnesium, Vitamin C, betakaroten, dan mangan.

Di sisi lain, melansir hsph.harvard.edu, 100 gram pisang matang umumnya menyediakan sekitar 110 kalori, 0 gram lemak, 1 gram protein, 28 gram karbohidrat, 15 gram gula, 3 gram serat, dan 450 mg kalium.

Jenis Pisang dan Manfaatnya

Inilah 10 jenis pisang yang bisa ditemukan di Indonesia, sekaligus manfaat yang dimilikinya, dirangkum dari berbagai sumber. Wah, ada apa aja ya?

1. Pisang Barangan

Pisang barangan, gambar dari khasiat.co.id

Bagi masyarakat Sumatera Utara, mestinya tidak asing dengan jenis pisang satu ini. Bahkan, karena banyak dibudidaya disana, pisang ini dijuluki pisang medan barangan atau pisang medan. Kulitnya yang berwarna kuning  menuju merah ketika matang, dan daging buahnya berwarna putih kekuning-kuningan, menjadi ciri khas tersendiri untuk pisang barangan.

Lalu, rasanya yang manis dan aroma pisangnya yang tajam, membuat pisang barangan sering diolah menjadi roti pisang, atau dimasak menjadi pisang goreng. Namun, pisang barangan tak kalah sedap dikonsumsi langsung, karena daging buahnya tebal, kering, dan tanpa biji.

Nah, terkait kesehatan, pisang barangan mempunyai beberapa manfaat lho, diantaranya:

  1. Membantu perkembangan janin selama kehamilan, lantaran kandungan asam folat pada pisang barangan. Sehingga, mengkonsumsi dua buah pisang barangan setiap hari, baik untuk kesehatan ibu hamil.
  2. Bagus untuk perkembangan otak, karena asam folat pada pisang barangan tidak hanya baik untuk otak janin, tetapi juga orang dewasa.

2. Pisang Mas Kirana

Ada yang suka sale pisang? Nah, pisang mas kirana dapat menjadi pilihan bagi yang ingin membikin sale pisang, karena rasanya yang manis dan daging buahnya yang lunak. Tetapi, jika hendak dimakan langsung juga lezat.

Lantaran tingkat keawetannya yang cukup lama, pisang mas kirana menjadi salah satu pisang yang diekspor. Selain memang karena ukurannya yang cukup besar dan citarasanya yang enak.

Di samping itu, pisang mas kirana sejatinya baik dikonsumsi untuk menenangkan saraf, karena mengandung vitamin B yang tinggi. Sehingga, pisang mas kirana mampu meredakan stres atau depresi. Selain itu, kandungan trytophan, sejenis protein serotonin, pada pisang mas kirana juga dapat memperbaiki mood dan memberikan rasa relaks.

3. Pisang Mas

Warna kulitnya yang kuning cerah dan mulus serta tanpa bintik coklat kehitaman, membuatnya tampak seperti emas. Meski kecil ukurannya, tetapi pisang mas mempunyai daging buah yang tebal, tekstur yang lembut, dan rasa yang manis. Karena kekhasan itu, pisang mas cocok dilahap langsung, atau bisa juga diolah menjadi brownies dan bolu pisang.

Ternyata, pisang mas, baik daging buah maupun kulitnya, memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan kulit, diantaranya:

  • Menjaga kecerahan kulit wajah.
  • Melembabkan kulit.
  • Membersihkan wajah.
  • Menyehatkan kulit wajah.

Manfaat tersebut dapat diperoleh, baik dengan mengkonsumsinya maupun mengolahnya menjadi masker untuk wajah.

4. Pisang Nangka

Pisang nangka, gambar dari cintaihidup.com

Sesuai namanya, pisang ini memang merupakan hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka. Aromanya pun tajam dan harum layaknya aroma buah nangka. Kulitnya juga lebih tebal dari kulit pisang pada umumnya, dengan warna hijau, baik saat masih mentah maupun sudah matang.

Sementara, daging buahnya yang cenderung kenyal dengan warna kuning kemerahan, membuat pisang nangka lebih kurang lezat jika dilahap langsung. Maka, seringnya pisang nangka diolah menjadi kolak pisang dan keripik pisang.

Selain itu, pisang nangka juga mempunyai manfaat untuk kesehatan dan kecantikan, yaitu:

  1. Menyehatkan kulit wajah, baik menghilangkan jerawat, mengangkat sel kulit mati, menghilangkan bintik hitam, mencerahkan wajah, dan menghaluskan wajah. Pemakaiannya pun cukup dengan menjadikan daging buah pisang nangka sebagai masker wajah.
  2. Menyehatkan rambut, diantaranya menghilangkan ketombe dan mengatasi rambut kering serta kusut. Bahkan, pemakaiannya cukup sederhana, dengan dicampur madu kemudian digunakan untuk keramas.
  3. Mencegah mata kering, karena pisang nangka kaya kandungan potasium, dan mengontrol keseimbangan natrium serta pelepasan cairan dalam sel tubuh.

5. Pisang Tanduk

Bentuknya panjang dan melengkung mirip tanduk, membuat pisang ini dinamai pisang tanduk. Bahkan, diantara jenis pisang lainnya, pisang tanduk merupakan pisang yang paling panjang. Sayangnya, daging buahnya keras, sehingga pisang tanduk seringnya diolah lebih dulu, ketimbang dimakan langsung.

Seperti halnya pisang nangka, pisang tanduk sering dimasak menjadi pisang goreng. Atau, bahkan menjadi donat pisang, kue bolu, dan puding pisang. Dan, untuk kesehatan, pisang tanduk baik dikonsumsi untuk diet, karena kalori yang dikandungnya tidak banyak, hanya sekitar 110 kalori saja. Sementara, kandungan kalium dalam pisang tanduk juga baik untuk menjaga fungsi ginjal.

6. Pisang Kepok

Berukuran pendek pipih dan bentuknya yang sangat lebar, telah menjadi ciri khas pisang kepok. Warna daging buahnya pun unik, kuning menuju jingga. Dan, ketika dimakan teksturnya pulen dan lembut. Tetapi, ternyata pisang kepok dibagi menjadi dua jenis, yakni pisang kepok putih dan kuning.

Pisang kepok kuning biasanya harus diolah terlebih dahulu sebelum mengkonsumsinya, sebagaimana pisang tanduk. Sehingga, pisang ini termasuk jenis pisang olahan. Karenanya, pisang kepok kuning biasanya dimasak menjadi pisang goreng, rebus, atau bakar. Bahkan, pisang kepok rebus mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Sedangkan, pisang kepok putih karena rasanya yang sepat dan tekstur daging buahnya yang sangat keras, membuatnya lebih cocok menjadi pakan burung. Akan tetapi, umumnya pisang kepok juga enak diolah menjadi kolak dan keripik pisang.

7. Pisang Ambon

Teksturnya yang lembut dan pulen, membuat pisang ini menjadi kesukaan orang-orang dari segala jenis usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Ditambah lagi, menemukannya juga tidak sulit di pasar maupun supermarket, sehingga boleh dikata pisang ini familar bagi kebanyakan orang.

Warna dagingnya yang kuning pucat kemerahan, dibalut dengan kulit berwarna kuning segar serta aromanya yang harum, menjadi ciri khas pisang ambon. Selain dikonsumsi langsung, pisang ambon juga tak kalah enak jika diolah menjadi pancake pisang, keripik pisang, dan bolu pisang.

Selain itu, pisang ambon juga mempunya manfaat kesehatan, diantaranya:

  1. Meningkatkan stamina, bahkan sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan vitamin B-6 alami, serat, karbohidrat, dan kalium mampu menggantikan elektrolit, cairan tubuh, yang hilang.
  2. Melancarkan buang air besar (BAB), lantaran kaya akan serat, pisang mampu memenuhi kebutuhan serat harian tubuh hingga hampir 10 persen.
  3. Membantu diet, karena kandungan vitamin B6 serta rasa manis dan mengenyangkan, membantu mengekang rasa lapar. Bahkan, pati resisten dalam pisang ambon juga dapat membantu mengontrol gula dan menjaga kesehatan usus.

8. Pisang Susu

Ukurannya paling kecil dibanding pisang lainnya dengan bentuk melengkung tanpa siku, membuat pisang mungil ini menjadi kesukaan balita dan anak-anak. Apalagi, rasanya manis, dan warna dagingnya putih dengan teksturnya yang lembut seperti creamy susu. Sehingga, pisang ini kemudian dikenal dengan nama pisang susu. Bahkan, pisang susu dapat dikonsumsi oleh bayi usia 6 bulan ke atas.

Kulit buahnya yang tipis dan berwarna kuning cerah dengan bintik-bintik coklat kehitaman. Selain menjadi ciri khasnya, juga membuatnya mudah dikupas, sehingga enak dimakan langsung. Namun, pisang ini tak kalah enak jika diolah menjadi camilan, semisal dadar gulung pisang coklat, pisang kress vla susu, dan pisang keju susu.

9. Pisang Cavendish

Pisang cavendish, gambar dari indonesian.alibaba.com

Nilai jual pisang cavendish yang tinggi, karena tingginya permintaan terhadapnya, baik dari dalam maupun luar negeri. Sehingga, pisang cavendish termasuk salah satu komoditas ekspor Indonesia. Meski produk asli Indonesia, dan perkebunan terbesarnya di Lampung. Akan tetapi, justru banyak yang mengira kalau pisang ini adalah pisang impor, lantaran namanya yang asing.

Saat matang, kulitnya berwarna kuning mulus dan bersih, tampak menarik dilihat. Berbentuk melengkung dengan panjang sekitar 14-15 cm. Dan, daging buahnya yang bertekstur lembut, padat, dan sedikit asam, menjadi ciri khasnya. Sehingga, selain enak dimakan langsung, pisang cavendish dapat dimasak menjadi pisang goreng, rebus, atau bakar. Bahkan, kini juga telah diolah menjadi Banana Nugget.

10. Pisang Raja

Terakhir, seperti namanya, pisang ini memang raja dari semua pisang. Termasuk jenis pisang lokal dengan nilai jual tinggi, pisang raja berwarna kuning menuju jingga, dengan sedikit corak kehitaman ketika sudah matang. Berukuran sedang dengan kulit buah yang tebal, pisang raja mempunyai citarasa khas yang sangat manis dan aroma yang harum.

Selain enak dimakan langsung, lantaran daging buahnya yang padat dan tebal. Pisang raja dapat diolah menjadi es pisang ijo khas Makassar, kue tradisional nagasari, dan bolu pisang.

Penutup

Demikian ulasan mengenai “10 Jenis Pisang di Indonesia yang Kaya Manfaat”. Semoga harapannya, tulisan ini dapat menjadikan pisang sebagai salah satu pilihan buah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Dan, selamat mencoba 10 jenis pisang diatas ya!

---------------------

Tulisan Terkait

husentani

Recent Posts

Inilah 7 Jenis Apel yang Mudah Diperoleh di Indonesia

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing lagi dengan buah apel ya. Pasalnya, selain enak dan bergizi, buah satu ini juga…

2 minggu ago

11 Manfaat Kesehatan yang dimiliki Bawang Dayak

Halo Sobat Tani, pernah dengar bawang dayak? Mungkin banyak yang masih asing dengan bawang satu ini ya. Karena memang, untuk…

3 minggu ago

9 Manfaat Extra Virgin Olive Oil untuk Kesehatan dan Kecantikan

Halo Sobat Tani, tahukah Extra Virgin Olive Oil (EVOO)? Minyak yang didapat dari buah zaitun ini diyakini sebagai minyak paling…

3 minggu ago

6 Olahan Kangkung untuk Konsumsi Sehari-hari

Halo Sobat Tani, siapa yang suka makan kangkung? Sayuran satu ini banyak disukai orang-orang lantaran rasanya yang lezat. Selain itu…

4 minggu ago

8 Manfaat Tepung Maizena Selain untuk Memasak, Apa saja?

Halo Sobat Tani, pastinya tidak asing dengan tepung maizena ya? Tepung berbahan dasar sari pati jagung ini biasanya dimanfaatkan sebagai…

1 bulan ago

10 Pilihan Makanan untuk Kebutuhan Karbohidrat Tubuh

Halo Sobat Tani, seringnya kalau berbicara karbohidrat identik dengan nasi ya. Karena memang, di Indonesia, nasi menjadi makanan pokok untuk…

1 bulan ago