Halo Sobat Tani, hayo siapa yang hobi kalau makan harus ada lalapan? Ayok ngaku. Dalam sajian masakan nusantara, memang kerapkali lalapan menjadi pelengkapnya untuk dicocol dengan sambal. Huh, kebayang kan gimana enaknya? Nah, soal lalapan, sinautani.com akan mengulas terong lalap. Yuk, simak ulasannya berikut ini ya!

Mengenal Terong

Bagi penggemar lalapan, pastinya sangat akrab dengan terong, lantaran sayuran satu ini biasanya termasuk komponen utama dalam menu lalapan. Terlebih, teksturnya yang renyah bikin enak dimakan bareng sambal. Tapi, tahukah kalau terong itu ternyata banyak jenisnya?

Di Indonesia saja, setidaknya ada 7 jenis terong yang terdiri dari terong hijau, terong ungu, leunca, terong bulat, terong belanda, terong telunjuk, dan terong putih. Semua jenis itu memiliki keunikannya masing-masing, mulai dari bentuk, rasa, warna, hingga tekstur. Namun, dari ragam jenis terong ini tentunya ada yang banyak disuka masyarakat dong, terong apa itu?

Yap, terong ungu dan terong hijau atau terong lalap jawabannya. Dua terong ini memang yang paling banyak dibudidaya dan dikonsumsi masyarakat. Tentunya, tingginya permintaan terhadap dua jenis terong ini karena rasanya yang enak.

Apalagi terong hijau, teksturnya yang renyah dibandingkan terong-terong lainnya, membuatnya banyak digemari. Karenanya, terong ini kemudian dinamai terong lalap, lantaran sering dijadikan pilihan sayur untuk lalapan.

Buah terong, bukan sayur terong

Uniknya, di Indonesia sendiri, banyak yang menganggap bahwa terong termasuk jenis sayuran. Padahal, terong sendiri aslinya merupakan jenis buah-buahan. Maklum, terong dalam hidangan makanan sehari-hari, seringnya disajikan bersama makanan pokok, seperti nasi dan ikan.

Pun, demikian dalam menu-menu masakan nusantara, terong identik sebagai komponen sayuran dalam masakan, seperti terong balado misalnya. Ditambah lagi, jarang sekali terong dimakan mentah sendirian seperti buah-buahan lain pada umumnya. Karena itu, tak heran jadinya kalau terong dikira sayuran.

Nutrisi

Selain memiliki citarasa yang enak, salah satu alasan mengapa harus mengkonsumsi terong karena kandungan nutrisinya yang tinggi. Misalnya saja, tingginya kandungan glikemik, air, vitamin, mineral, dan antioksidan yang dimiliki terong.

Bahkan banyak jenis vitamin dan mineral yang ada dalam terong, seperti vitamin A, E, B1, B2, B3, B6, B9, B12, dan K, serta zinc, mangan, fosfor, sodium, kalium, zat besi, dan kalsium.

Sementara itu, kandungan kalori dan lemak yang ada dalam terong rendah kadarnya. Bahkan, kulit terong sendiri juga tinggi kandungan antioksidannya lantaran mempunyai pigmen antosianin. Alhasil, mulai dari kulit hingga daging buahnya, terong kaya nutrisi lho.

Manfaat

Nah, selain enak dan kaya nutrisi, terong juga kaya manfaat. Tentunya, terong layak dijadikan sayur pilihan untuk makanan sehari-hari. Lantas, ada manfaat apa aja sih yang dimiliki terong.? Berikut ini diantaranya.

  1. Mengontrol asam lambung
Jika dikonsumsi rutin, terong diyakini mampu mengendalikan asam lambung, photo by Alicia Petresc on Unsplash

Siapapun yang suka terlambat makan, maka akan berpotensi terserang penyakit asam lambung. Tentunya, jika penyakit ini melanda akan menjadi momok masalah, lantaran perihnyanya minta ampun sehingga menghambat produktivitas. Nah, untuk mengantisipasinya, selain makan teratur pastinya, dapat juga diimbangi dengan mengkonsumsi terong secara rutin. Sebab, terong memiliki manfaat mengendalikan asam lambung lho.

  1. Meminimalisir terkena osteoporosis

Osteoporosis yang dapat menimpa siapapun, seringnya diidap oleh para lansia, dan seringnya kaum hawa. Tentunya, penyakit ini selain membuat nyeri tulang, juga membikin produktivitas menurun karena gerak yang terbatas. Nah, ternyata terong merupakan salah satu sayuran yang mampu mencegah terjadinya osteoporosi lho. Meski banyak yang belum tahu, kandungan kalsium yang dimiliki terong juga tergolong cukup tinggi, sehingga baik untuk kesehatan tulang.

  1. Perawatan kulit

Kulit yang bersih dan terawat adalah idaman setiap orang, khususnya para kaum hawa. Selain memang membutuhkan perawatan dari luar tubuh, tentunya juga membutuhkan perawatan dari dalam tubuh, salah satunya dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Untuk itu, terong lalap menjadi pilihan sayuran yang baik untuk mencerahkan dan merawat kulit. Bahkan, selain dikonsumsi, masker wajah yang terbuat dari terong ternyata juga ampuh menghilangkan bekas jerawat pada kulit wajah.

  1. Menu diet

Dewasa ini, banyak orang yang mencari-cari bahan makanan yang tepat untuk diet. Maka dari itu, cobalah konsumsi buah terong secara rutin. Sebab, selain rendah kalori, terong juga kaya serat, sehingga melancarkan sistem pencernaan tubuh. Ditambah lagi, harganya yang murah membuat pengeluaran juga jadi irit.

  1. Meningkatkan kemampuan otak

Kandungan antosianin dan nasunin dalam terong ternyata baik untuk menjaga lipid yang ada dalam membran sel otak. Tak hanya itu, para ahli pun membuktikan khasiat anosianin yang mampu melancarkan aliran darah ke otak. Karenanya, fungsi otak menjadi optimal. Karena itu, mengkonsumsi terong lalap secara rutin, selain enak, juga bagus untuk kesehatan otak lho.

  1. Melindungi diri dari kanker
Mengkonsumsi terong secara rutin mampu mencegah tumbuhnya sel kanker, photo by National Cancer Institute on Unsplash

Ngeri memang jika sampai kanker menyerang tubuh. Tentunya, siapapun tidak menginginkan hal itu. Untuk itu, mulailah mengkonsumsi makanan-makanan yang sehat dan pastinya bergizi. Nah, salah satunya dengan mengkonsumsi terong lalap secara rutin. Sebab, terong lalap mengandung solasodine rhamnosyl glycoside yang mampu membunuh kanker. Bahkan, zat itu juga ampuh melawan kanker karena mampu mencegah tumbuhnya sel kanker baru.

  1. Menyehatkan jantung

Kesehatan jantung akan terjaga dengan menjalani pola hidup yang sehat dan mengkonsumsi makanan bergizi. Untuk itu, terong dapat menjadi pilihan sayur untuk menjaga kesehatan jantung, lantaran mampu mengontrol kolesterol LDI dan tligliserida. Sebab, tingginya kadar antioksidan yang dimiliki terong mampu mencegah penyumbatan aliran darah yang disebabkan plak. Oleh karena itu, mengkonsumsi terong secara rutin berkhasiat meminimalisir resiko serangan jantung dan mengoptimalkan fungsi jantung.

  1. Mengontrol kadar gula darah

Bagi pengidap penyakit gula darah, terong merupakan salah satu sayuran yang dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Sebab, terong mengandung polifenol, senyawa antioksidan, yang mampu mengurangi penyerapan glukosa dan jenis gula lainnya. Oleh karenanya, terong berkhasiat meningkatkan sekresi insulin, sehingga kadar gula darah terkendali dengan baik.

  1. Mengontrol kolesterol tubuh

Kadar gula darah yang naik ternyata menjadi biang keladi meningkatnya kolesterol tubuh. Nah, seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa polifenol dalam terong mampu mengontrol kadar gula darah, maka terong juga mampu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh. Oleh karenanya, terong dianjurkan untuk dikonsumsi rutin supaya menghindarkan tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh peningkatan kolesterol.

Penutup

Demikianlah ulasan mengenai seluk-beluk terong. Tentunya, setelah dijelaskan manfaat-manfaat yang dimiliki terong, sayang untuk tidak mencicipinya. Apalagi sambil dicocol sambal, rasanya makin enak. Jadi, jangan sampai tidak mencoba terong lalap ya!

---------------------

Tulisan Terkait